KAJIAN PENGARUH FREKUENSI PENYIRAMAN DAN MACAM PUPUK KANDANG DAN KOMPOS TERHADAP HASIL DAN KANDUNGAN KARBOHIDRAT KACANG HIJAU (Vigna radiata L)

Yuda Wicaksana, Muhammad Inti, Efan Nurhidayat, Muhammad Nurhuda, Anjariana Makmum Rokim, Ananda Rizqi azharry Rohmadan, Dinna Juwita Anggrain, Nurmaliatik Nurmaliatik, Nurwito Nurwito, Indah Rohana Setyaningsih, Nurdin Cahyo Setiawan, Nurul Hidayat, Sri Widata, Yekti Maryani Maryani

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengkaji pengaruh pupuk kandang dan kompos terhadap hasil, kandungan karbohidrat kacang hijau. Data pendukung di peroleh dari percobaan lapangan di desa Parangtritis, kecamatan Keretek, kabupaten Bantul, D.I.Yogyakarta yang memiliki tinggi tempat 10 meter diatas permukaan laut, Jenis tanah yang di gunakan adalah tanah pasir pantai. Percobaan ini dilakukan dengan mengunakan split plot meliputi dua factor, factor pertama adalah frekeuensi penyiraman sebagai main plot dan factor kedua perlakuan pupuk kandang dan kompos sebagai sub plot. Variable pengamatan meliputi : jumlah polong per tanaman, bobot polong pertanaman, bobot biji per tanaman, bobot 100 biji, bobot biji per ha, kandungan karbohidrat, kandungan vitamin E. Data dianalisis dengan analisis varian pada taraf 5%, dan dlanjutkan dengan mengunakan uji jarak berganda Duncan ( DMRT ) pada taraf 5%. Perlakuan pupuk kandang kambing, Kandang ayam dan kompos memberikan hasil per hektar dan Sum Quality Rate lebih tinggi daripada tanpa pupuk. Perlakuan penyiraan. menunjukkan tidak beda nyata terhadap hasil kacang hijau per hektar dan Sum Quality Rate. Perlakuan kompos dengan penyiraman tiga hari sekali memberikan kandungan karbohidrat tertinggi sebesar 64,80% per 100g.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

p-ISSN 1411-0172, e-ISSN 2528-1488