SEGMENTASI PASAR KUE KHAS KARASA (Studi Kasus Industri Karasa Pinrang Sulawesi Selatan

Andi Sitti Halimah, Muh. Rezkyawan Sudding, Nurhaedah Nurhaedah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana segmentasi pasar kue karasa di Kelurahan Cempa Kabupaten Pinrang. Lokasi ini ditentukan secara purposive sampling dengan mempertimbangkan besarnya jumlah produksi karasa dari industri di wilayah tersebut yang menuntut pelaku usaha atau produsen mengoptimalkan pemasarannya. Variabel utama yang digunakan dalam segmentasi ini adalah mensegmentasi pasar konsumen berdasarkan Kotler yaitu Geografis, Demografis, Psikografis, dan Perilaku. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan terhadap pimpinan usaha Industri Karasa. Hasil penelitian menunjukkan jika kue karasa ini cukup diterima oleh berbagai kalangan baik keterjangkauan terhadap harga kue karasa yang ditawarkan maupun kemudahan dalam memperoleh produk tersebut karena pemasarannya sudah dilakukan secara online. Dengan rasa yang manis, gurih dan harga yang terjangkau, kue karasa menjadi pilihan dominan bagi konsumen yang menjadikan produk tersebut sebagai hantaran atau sekadar cemilan dalam bekerja dan bersantai. Kata kunci: Segmentasi Pasar, Kue Karasa, Geografi, Demografi, Psikografi, Perilaku

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 

p-ISSN 1411-0172, e-ISSN 2528-1488