ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN PALA DI KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN
Nur Ismi, Rahmat Pramulya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efisiensi pada masing - masing saluran pemasaran dan seberapa besar margin pemasaran pala yang diperoleh masing - masing lembaga pemasaran yang terlibat serta farmer’share yang di terima oleh petani di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel petani dilakukan secara purposive sampling sebanyak 24 orang. Sedangkan sampel pedagang diperoleh secara snowball sampling sebanyak 20 orang. Metode analisis yang digunakan adalah melihat saluran pemasaran, menghitung margin pemasaran, farmer’s share dan rasio biaya keuntungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran pala dalam bentuk pala basah di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan yang paling efisien itu terdapat pada saluran pemasaran tipe kedua, hal ini karena bagian yang di terima petani itu lebih menguntungkan dan rasio keuntungan terbesar juga terdapat pada saluran pemasaran tipe kedua.