PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA PERKUMPULAN PETERNAK LEBAH MADU DI KEDIRI
Frenki Ristiawan, Sigit Dwi Nugroho, Indra Tjahaja Amir
Abstract
Berkurangnya eksistensi peternak lebah madu dalam mengembangkan usahanya baik saat proses pemeliharaan, pemanenan maupun memasarkan produknya mengakibatkan kurangnya minat masyarakat untuk membeli produk dari peternak lebah madu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan Perkumpulan Peternak Lebah Kediri dan mengidentifikasi strategi yang seharusnya dilakukan Perkumpulan Peternak Lebah Kediri melalui pendekatan sembilan elemen business model canvas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan segmen pelanggan mengakibatkan terjadinya perubahan terhadap komponen lainnya (key partners) berupa Jasa Ekspedisi dan supplier bahan baku & packaging serta peternak mitra sebagai pemasok bahan baku yang bertujuan untuk kelancaran key activity produksi dalam perluasan costumer segmentation sehingga berdampak pada sumber daya utama yangdapat mempengaruhi struktur biaya dan arus pendapatan yang semakin meningkat.