HUBUNGAN ANTARA PERILAKU KONSUMEN DAN KEPUTUSANNYA DALAM MEMBELI SAYUR DAN BUAH DI RITEL ONLINE
Elly Rasmikayati, Gema Wibawa Mukti, Bobby Rachmat Saefudin
Abstract
Perkembangan revolusi industri 4.0 terjadi di berbagai sektor, termasuk pada sektor pertanian,, dalam hal ini penggunaan ritel online untuk menjual hasil panen komoditas pertanian. Konsumen yang awalnya berbelanja di ritel tradisional atau modern mulai membeli di ritel online. Perubahan ini dipengaruhi oleh adanya perubahan perilaku pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam berbelanja sayur dan buah di ritel online; dan 2) menganalisis keterkaitan antar-faktor tersebut terhadap keputusan pembelian sayur dan buah di ritel online. Metode yang digunakan adalah survei terhadap 100 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor psikologi (persepsi) sangat memengaruhi keputusan konsumen sayur dan buah dalam membeli sayur dan buah di ritel online, (2) faktor pribadi memengaruhi keputusan mereka dalam membeli sayur dan buah di ritel online, (3) faktor sosial memengaruhi keputusan konsumen sayur dan buah dalam membeli sayur dan buah di ritel online, (4) faktor budaya tidak memengaruhi keputusan konsumen sayur dan buah dalam membeli sayur dan buah di ritel online, (5) fktor psikologis, pribadi, sosial dan budaya berkorelasi nyata dengan proses pengambilan keputusan mereka dalam membeli buah dan sayur di ritel online.