MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA PENGUSAHA KULINER DI SENTRA WISATA KULINER URIP SUMOHARJO SURABAYA

Zhafira Puspa Ningrum, Syarif Imam Hidayat, Sri Widayanti

Abstract


Pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif yakni menurunnya pendapatan para pelaku UMKM. Sentra Wisata Kuliner (SWK) Urip Sumoharjo Surabaya adalah salah satu sentra kuliner binaan pemerintah kota Surabaya yang turut terkena dampak pandemi covid-19, namun para pengusaha kuliner masih tetap berwirausaha walaupun pendapatannya menurun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang memotivasi pengusaha kuliner di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Urip Sumoharjo Surabaya memilih untuk berwirausaha. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha kuliner di Sentra Wisata Kuliner Urip Sumoharjo Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis faktor dengan software IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat dua faktor yang terbentuk, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang memotivasi pengusaha kuliner untuk berwirausaha terdiri dari pemenuhan kebutuhan hidup, keinginan bertahan hidup, serta harga diri. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari memanfaatkan kesempatan berwirausaha dan bermanfaat bagi orang lain.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v25i1.2438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 

e-ISSN 2528-1488

p-ISSN 1411-0172