ANALISIS SALURAN PEMASARAN BAWANG MERAH DI KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO
Gema Ititah A Yekti, Supatra Supatra
Abstract
Pemasaran merupakan salah satu unsur penting bagi petani untuk menjual produk bawang merahnya. Adanya rantai pemasaran yang panjang dan selisih harga yang tinggi di antara lembaga pemasaran membuat petani semakin sulit untuk mencapai pendapatan yang tinggi dan sejahtera. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa saluran pemasaran, margin pemasaran, dan efisiensi pemasaran bawang merah di Kecamatan Arjasa. Responden adalah petani bawang merah yang dipilih secara acak sebanyak 30 orang petani bawang merah dan 3 orang responden dipilih menggunakan metode snowball sampling yang merupakan pedagang pengepul dan pedagang pengecer. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif untuk menganalisa saluran pemasaran, analisa margin pemasaran, dan analisa farmer’s sharing untuk menganalisa efisiensi pemasaran. Hasil analisa menunjukkan pola pemasaran bawang merah di Kecamatan Arjasa terdapat 3 pola, pola I: petani-konsumen, pola II: petani-pedagang pengepul-pedagang luar kota-konsumen, dan pola III: petani-pedagang pengepul-pedagang pengecer-konsumen. Margin pemasaran pada pola I Rp 0, pola II Rp9.000, dan pola III Rp 7.000. Sedangkan saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran pola III dengan nilai farmer’s share sebesar 72%.