ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TENTANG BAURAN PEMASARAN TERHADAP EKUITAS MEREK PRODUK FRESTEA (Studi Kasus pada Konsumen Supermarket Pamella Swalayan di Yogyakarta)

Budiarto Budiarto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak persepsi konsumen tentang bauran pemasaran terhadap terhadap variabel laten endogen kesan kualitas merek, dan persepsi loyalitas merek dalam membentuk ekuitas merek secara keseluruhan. Data dikumpulkan 200 responden dari empat supermarket Pamella di Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan aplikasi computer LISREL (Linear Structural Relationship) versi 8.8 Student. Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa model structural dapat diterima berdasarkan fakta empirik. Struktural model menunjukkan bahwa ekuitas merek produk Frestea tercipta oleh loyalitas merek dan persepsi kualitas. Loyalitas merek dengan korelasi positif signifikan terhadap ekuitas merek memiliki kontribusi terbesar, sedangkan persepsi kualitas memiliki kontribusi terendah dengan korelasi negatif terhadap ekuitas merek. Estimasi parameter juga menunjukkan bahwa intensitas distribusi signifikan berkorelasi positif terhadap ekuitas merek. Kata kunci: persepsi konsumen; bauran pemasaran; ekuitas merek.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 

p-ISSN 1411-0172, e-ISSN 2528-1488