ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BUAH NAGA ORGANIK DI KAMPUNG ORGANIK BEJI DI KABUPATEN WONOGIRI

Zaenal Abidin, Irma Wardani, Umi Nur Solikah

Abstract


The aim of this research is to determine and analyze internal and external factors in Beji Organic Village. The basic research method used is a qualitative method. The location determination for this research was carried out purposively, namely in Beji Organic Village. Data collection methods were carried out by observation, questionnaires and interviews. The data analysis used is multiple linear regression analysis using the IE Matrix, SWOT Analysis and QSPM. The results of this research show that in the IE matrix analysis the position of Beji Organic Village is in cell II, namely growth and development. Alternative strategies used are product development, market penetration, market expansion. The results of the QSPM Matrix are product development strategies with a value of 7.26. From this research, it can be suggested to Gapoktan Beji to diversify their products and innovate processed products derived from dragon fruit.

 Keywords: Marketing, Dragon Fruit, SWOT.

 INTISARI

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor internal dan faktor eksternal pada Kampung Organik Beji. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penentuan lokasi pada penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu di Kampung Organik Beji. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Matrik IE, Analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada analisis matrik IE posisi Kampung Organik Beji berada pada sel II yaitu tumbuh dan membangun. Alternatif strategi yang digunakan adalah pengembangan produk, penetrasi pasar, perluasan pasar. Hasil dari Matrik QSPM yaitu strategi pengembangan produk dengan nilai 7,26. Dari penelitian ini dapat disarankan kepada Gapoktan Beji disarankan agar melakukan diversifikasi produk dan menginovasi produk olahan yang berasal dari buah naga

 Kata kunci : Pemasaran, Buah Naga, SWOT


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2020. Teknik Budidaya Buah Naga Organik Kualitas Ekspor. https://tabloidsinartani.com/detail/indeks/horti/13653-Buah-Naga-Desa-Beji-Wonogiri-Terbang-ke-Jerman . Diakses Maret 2023

Bappeda dan Litbang. 2023. Profil Klaster UMKM Permasalahan dan Kebutuhan Teknologi. Kabupaten Wonogiri

Direktorat Jenderal Hortikultura. (2017). Laporan Kinerja Direktorat Jenderal Hortikultura. Jakarta : Kementerian Pertanian RI.

Faisal, M., Syaiful H., dan Arifudin. 2014. Strategi Pengembangan Agribisnis Buah Naga di Pulau Bengkalis. Jurnal Jom Faperta,1 (2).

Ningsih, K., Herman F., dan Halimatus S. 2015. Keragaan Usahatani dan Pemasaran Buah Naga Organik. Jurnal Agriekonomika, 4 (2).

Paundrianagari, Sabila Ajeng, Nuning Setyowati1 , Rr. Aulia Qonita. 2019. Strategi Pengembangan Agribisnis Buah Naga Organik Di Kabupaten Wonogiri. Jurnal SEA 8 (2)

Rizal, M. 2015. Prospek Pengembangan Buah Naga (Hylocereus costaricensis) di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Jurnal Pros Semnas Masy Biodiv Indonesia,1 (4)

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta. Bandung

Sukmadinata, Syaodih. 2011. Penelitian Pendidikan. Remaja Rosda Karya. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.37159/j.%20p%20agros.v25i4.3539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 

p-ISSN 1411-0172, e-ISSN 2528-1488