PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK SAYURAN ORGANIK

Berti Indraswari, Retno Lantarsih, Subeni Subeni

Abstract


Increasing public awareness of the importance of quality of life and health has become a business opportunity for organic food products. Organic food provider business units must develop their business through marketing mix management. This research aims to determine the effect of the marketing mix, including development, price, place, and promotion, on consumer satisfaction of Tani Organik Merapi's organic vegetables. This research is descriptive research with a quantitative approach. The sampling technique used snowball sampling with a sample size of 80 respondents. The data collection technique uses an online questionnaire, and the analysis method uses multiple linear regression. The research results show that product, location, and promotion variables positively affect consumer satisfaction with TOM organic vegetables, while the price variable has no effect. To increase consumer satisfaction with organic vegetables, TOM as a business unit can increase the variety of Tani Organik Merapi's organic vegetable products according to consumer needs and desires, optimize promotions through online media, and expand the collaboration network with supermarkets and other stores that have locations that strategic, comfortable, and accessible to consumers.

 Keywords: marketing mix, organic vegetables, consumer satisfaction

 INTISARI

Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kualitas hidup dan kesehatan menjadi peluang bisnis produk pangan organik. Penting bagi unit bisnis penyedia pangan organik untuk mengembangkan bisnisnya melalui pengelolaan bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, tempat, promosi pada kepuasan konsumen sayuran organik Tani Organik Merapi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online, dan metode analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, lokasi, dan promosi berpengaruh positif pada kepuasan konsumen sayuran organik TOM, sedangkan variabel harga tidak berpengaruh. Untuk meningkatkan kepuasan konsumen sayuran organik, TOM sebagai unit bisnis dapat melakukan peningkatan variasi produk sayuran organik Tani Organik Merapi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen,  optomalisasi promosi melalui media online, serta memperluas jaringan kerjasama dengan supermarket, swalayan, maupun toko lainnya yang memiliki lokasi strategis, nyaman, dan dapat dijangkau oleh konsumen.

Kata Kunci : bauran pemasaran, sayuran organik, kepuasan konsumen


Full Text:

PDF

References


Andreanata, I. M. A., & Wilyadewi, I. I. D. A. Y. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada UD. Sari Jaya Buah Kabupaten Badung. Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(1), 14–24. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyaamrita/article/view/1143/732

Fadhilah, N. (2019). Konsumsi Makanan Berisiko Faktor Penyebab Penyakit Tidak Menular. Jurnal Kesehatan, VIII(2), 102–107. https://www.researchgate.net/publication/336755398_Konsumsi_Makanan_Berisiko_Faktor_Penyebab_Penyakit_Tidak_Menular#fullTextFileContent

Harimurti, A. C., Sadeli, A. H., Utami, H. N., & Mukti, G. W. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Atribut Produk Sayuran melalui Pemasaran Online dalam Upaya Meraih Kepuasan Konsumen. Jurnal Agrosains Dan Teknologi, 1(2), 47–63. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/ftan/article/view/1484/1303

Husain, T. K., & Amran, F. D. (2022). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Sayuran Hidroponik Analysis of Consumer Satisfaction on Hydroponic Vegetables. Jurnal Manajemen Agribisnis, 10(14). https://forms.gle/guSaLnydDE3D9Y8J9

Lantarsih, R., Manggala, S., Kadarso, K., & Subeni, S. (2022). Motivation of Farmer Group Members in Cultivating Organic Vegetables. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 349–366. https://doi.org/10.31186/jagrisep.21.2.349-366

Marwanto, B., Welsa, H., & Kurniawan, S. I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (pada Konsumen Produk Sayuran Cv Tani Organik Merapi Pakem Sleman). Jurnal Kolaboratif Sains, 5(2), 120–128. https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JKS/article/view/2251

Mustakim, M., Efendi, R., & Sofiany, I. R. (2021). Pola Konsumsi Pangan Penduduk Usia Produktif pada Masa Pandemi Covid-19. IKESMA, 1. https://doi.org/10.19184/ikesma.v0i0.27203

Pratiwi, B. M., Susilowati, D., & Hindarti, S. (2022). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen Sayuran Hidroponik di Harvest Queen Hydroponics, Kota Batu. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 10(6), 1–10. https://jim.unisma.ac.id/index.php/SEAGRI/article/view/17697/13367

Puspitasari, C. A., Yuliati, L. N., & Afendi, F. (2021). Pengaruh Green Marketing, Kesadaran Lingkungan dan Kesehatan terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Organik melalui Sikap. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.7.3.713

Seufert, V., Ramankutty, N., & Mayerhofer, T. (2017). What is this thing called organic? – How organic farming is codified in regulations. Food Policy, 68, 10–20. https://doi.org/10.1016/j.foodpol.2016.12.009

Sumarniasih, M. S., & Antara, M. (2014). Pertanian Organik dan Gaya Hidup Sehat. Prosiding Seminar Profesi HPTI, PEI, PFI, 228–240. https://erepo.unud.ac.id/id/eprint/2863/1/288ce7d36a837c0a4dc6f275a80aa07b.pdf

Wakitayanti, N. A., & Hartono, M. (2021). Motivasi dan Kesadaran Hidup Sehat Masyarakat Untuk Berolahraga pada Masa New Normal di Kota Semarang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 137–144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes




DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v26i1.3908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 e-ISSN 2528-1488; p-ISSN 1411-0172