TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA SOSIAL

Dwi Oktafia Ariyanti

Sari


Perkembangan teknologi informasi mempengaruhi perubahan sosial yang secara signifikan dan berlangsung begitu cepat. Saat ini teknologi informasi selain memberikan kontribusi bagi kemajuan peradaban manusia juga sekaligus menjadi sarana yang dapat menimbulkan perbuatan melawan hukum. Saat ini teknologi informasi selain memberikan kontribusi bagi kemajuan peradaban manusia juga sekaligus menjadi sarana yang dapat menimbulkan perbuatan melawan hukum. Dalam kondisi seperti ini maka rentan terjadi pelanggaran mengenai penghinaan dan pencemaran nama baik melalui media sosial karena seringkali masyarakat menyalahgunakan kebebasan berpendapatnya.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif adalah pendekatan yang dilakukan berdasarkan bahan hukum utama dengan cara menelaah teori-teori, konsep-konsep, asas-asas hukum serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini. Pendekatan ini dikenal pula dengan pendekatan kepustakaan, yakni dengan mempelajari buku-buku, peraturan perundang-undangan dan dokumen lain yang berhubungan dengan penelitian ini.

Pengaturan mengenai pencemaran nama baik melalui media sosial dalam Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, terdapat dalam Pasal 27 ayat (3) dan Pasal 45 ayat (3) dan ayat (5). Didalam Pasal 27 ayat (3) mengatur mengenai perbuatan yang dilarang yang dikategorikan dalam tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik sedangkan dalam Pasal 45 mengatur mengenai ketentuan pidananya. Ditinjau dari jenis pidananya dimungkinkan untuk adanya alternatif jenis pidana selain pidana penjara yaitu pidana kerja sosial dan pidana pengawasan. Kedua jenis pidana tersebut dirasa lebih efektif danĀ  memberikan prospek pembinaan agar supaya tujuan pemidanaan berupa perlindungan masyarakat dan perlindungan terpidana dapat tercapai.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##