PENGUATAN HAK-HAK PENYANDANG DISABILITAS DI BIDANG PENDIDIKAN DI KOTA YOGYAKARTA BERDASARKAN UUD1945 DAN CONVENTION ON THE RIGHTS OF PERSONS WITH DISABILITIES (CRPD)

Nita Ariyani

Sari


Hak-hak penyandang disabilitas mendapatkan jaminan hukum baik dalam dalam Convention on the Rights of Persons with Disabilities (CRPD) maupun dalam konstitusi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Dengan diratifikasinya CRPD oleh Indonesia melalui Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Convention on the Rights of Persons with Disabilities,  maka segala produk hukum yang berkaitan dengan hak-hak penyandang disabilitas khususnya dalam penelitian ini menekankan di bidang pendidikan di kota Yogyakarta harus berdasarkan ketentuan dalam UUD NRI 1945 dan CRPD.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami, mengkaji, dan menganalisis penguatan hak-hak penyandang disabilitas di bidang pendidikan di Kota Yogyakarta berdasarkan UUD 1945 dan Convention on the Rights of Persons with Disabilities (CRPD).Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui, memahami, mengkaji, dan menganalisis kendala-kendala yuridis yang dihadapi dalam rangka penguatan hak-hak penyandang disabilitas di kota Yogyakarta.

Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif yaitu penelitian yang difokuskan untuk mengkaji penerapan kaidah-kaidah atau norma-norma dalam hukum positif. Metode pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan undang-undang (statute approach), pendekatan Analitis (Analytical Approach), dan pendekatan kasus (Case approach). Sebagai tindak lanjut dari ratifikasi CRPD dan juga amanat UUD NRI 1945 khususnya berkaitan dengan hak-hak penyandang disabilitas di bidang pendidikan maka diperlukan suatu aturan pelaksana di tingkat daerah Kota Yogyakarta untuk melaksanakan amanat UUD NRI 1945 dan  CRPD. Penguatan hak-hak disabilitas di bidang pendidikan tersebut mengalami beberapa kendala yuridis yang harus segera ditanggulangi

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##