Analisis Variabel Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Tim Proyek

Buddewi Sukindrawati, Widya Kartika

Sari


Proyek konstruksi memiliki investasi besar yaitu penanaman sejumlah dana pada suatu kegiatan pembangunan konstruksi baik pembangunan gedung, jalan, dan industri tentunya berkaitan dengan keuntungan yang akan diperoleh. Keterlambatan pada kegiatan proyek konstruksi adalah permasalahan dalam pelaksanaan yang tidak sesuai dengan jadwal yang telah disepakati dalam kontrak akan berdampak pada kualitas perusahaan kontraktor. Langkah yang perlu dilakukan untuk menghindari keterlambatan proyek konstruksi diperlukan kinerja tim yang baik dari seluruh organisasi proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi kinerja tim proyek pada proyek konstruksi, mengetahui seberapa besar pengaruh variabel tersebut terhadap kinerja tim proyek konstruksi, dan mengetahui variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja tim proyek konstruksi. Analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Keberhasilan proyek konstruksi dipengaruhi oleh sumber daya manusia. Semakin banyak pihak yang terlibat dalam proyek konstruksi maka pengaruh komunikasi akan semakin penting.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astari, Renetta, and Oei Fuk Jin. 2018. “Pengaruh Perubahan Rencana Konstruksi Terhadap Sistem Operasional Hotel.” 2(1): 59–66.

Badan Pusat Statistik. (2018). Konstruksi Dalam Angka Tahun 2018, Jakarta: Badan Pusat Statistik RI.

Damanik, Anelpran Dervin, Melly Lukman, and Josefine Ernestine Latupeirissa. “Analisis Faktor Komunikasi Terhadap Tingkat Keberhasilan Pelaksanaan Proyek Konstruksi Di Kabupaten Raja Ampat.” 2.

Damayanti, Danti, M Indrayadi, and Riyanny Pratiwi. 2018. “Menengah Di Kota Pontianak Untuk Mendapatkan Proyek Konstruksi Tahun 2016-2018.” Deepublish: 1–7.

Harris, Soepardi, Bambang Perkasa Alam, and Arief Nugroho Wibowo. 2011. “Konstruksi Bangunan.” Bangunan (UNDIP-PSD III DESAIN ARSITEKTUR): 15.

Ilman. 2017. “Fungsi Organisasi Dalam Manajemen Proyek.” Fungsi Organisasi dalam Manajemen Proyek 5(1): 9.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.