Pemberdayaan UKM “Sinar Abadi Batik” Kabupaten Kulon Progo

Mohamad Najmudin

Sari


Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki keragaman budaya yang tinggi. Terkait dengan seni batik di setiap daerah banyak bermunculan UKM batik yang keberadaannya memerlukan perhatian dari seluruh stakeholder. Di tengah kondisi persaingan yang sangat ketat, UKM “Sinar Abadi Batik” di dusun Kasihan I Desa Ngentakrejo kecamatan Lendah kabupaten Kulon Progo mengalami berbagai kendala dalam usaha pemasaran produk tersebut. Tidak berkembangnya usaha tersebut disebabkan karena UKM masih kurang menekankan pada aspek pemasaran seperti belum melakukan riset pasar, tidak melakukan segmentasi pasar, belum melakukan peramalan permintaan dan belum melakukan promosi secara efektif.

Untuk mengantisipasi berbagai kendala yang terkait dengan pemasaran diupayakan usaha-usaha pengembangan yang memiliki prioritas tertentu dari masalah yang dihadapi. Berdasarkan permasalahan tersebut masyarakat dibantu melalui pemberdayaan melalui pendampingan pada aspek pemasaran seperti riset pasar, segmentasi pasar, peramalan permintaan dan melakukan promosi yang efektif. Sedangkan luaran dari kegiatan pengabdian ini secara umum adalah terciptanya peningkatan pengetahuan tentang aspek pemasaran yang sangat diperlukan dalam melakukan usaha.

Kata kunci: riset pasar, segmentasi pasar, peramalan permintaan, promosi efektif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Https://www.pikiranrakyat.com/ekonomi/2019/08/01/pertumbuhan-industrimakanan-dan-minuman-sumbang-635-terhadap-pdb-nasional.

Https://swa.co.id/swa/trends/marketing/rahasia-42-tahun-campina-melelehkankebekuan-pasar-es-krim.

Https://www.google.nl/amp/s/amp.kompas.com/ekonomi/read/2017/11/22/183425 626/konsumsi-es-krim-masyarakat-masih-rendah-campina-fokus-pasarlokal.

Philip Kotler. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia.

Philip Kotler. 2012, Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian, (Terjemahan Angella Anitawati Hermawan), Jilid II, Edisi 9, Prehallindo, Jakarta.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT.

Sumarwan, Ujang, 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Bogor: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.