WILLINGNESS TO PAY TANAMAN HIAS MONSTERA (Monstera adansonii DAN Monstera obliqua) PASCA PANDEMI
Abstract
During the pandemic, monstera was a booming floriculture which had a high selling price. Then, it became interesting and became a question when Monstera was not as hype as before. How do consumers see this? Because, one of the psychological factors such as emotions, personality and situational factors that influence consumers to buy products or services impulsively are no longer influential. And it becomes a question, how much was the willingness to pay for this monstera during normal times. This research was conducted online by distributing questionnaires on social media such as Facebook and Instagram as well as whatsapp and telegram for 1 month in Medan City, North Sumatera. This research was descriptive research. This research used primary data obtained from direct observations and questionnaires by monstera plant owners. Secondary data was obtained from literature book and articles as well as related to floriculture, especially monstera. The sampling method used quota sampling of 30 respondents. The Data was collected by online-based questionnaire (Qualtrics) used list of questions which had been prepared to find out the WTP of the owner (consumer/lovers) of the monstera by utilizing the bidding game system and open-ended questions in formulating the price, that respondents are willing to pay. The WTP analysis method was used the CVM (Contingent Valuation Method) on Microsoft Excel 2010 software. The results showed that the bidding games method was chosen as the method used to estimate the WTP value on Monstera adansonii and monstera obliqua. The average willingness of respondents to pay for Monstera adansonii is Rp. 34,017 for a medium size and Rp. 31,463 for a medium-sized monstera obliqua. Meanwhile, the optimal price for the bidding game method for Monstera adansonii is IDR 38,829.27 and IDR 35,044.44 for monstera obliqua.
INTISARI
Pada masa pandemi, monstera merupakan tanaman hias yang booming dan memiliki harga jual yang tinggi. Kemudian menjadi menarik dan menjadi pertanyaan ketika monstera sudah tidak hype seperti sebelumnya. Bagaimana konsumen melihat hal ini? Mengingat salah satu faktor psikologis seperti emosi, kepribadian dan faktor situasional yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk atau jasa secara implusif sudah tidak lagi berpengaruh. Sehingga menjadi sebuah pertanyaan, seberapa besar kesediaan konsumen dalam membayar (Willingness to pay) monstera ini pada masa normal. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan di Kota Medan, Sumatera Utara yang dilakukan secara online dengan melakukan penyebaran kuisioner pada media sosial seperti facebook dan Instagram serta Whatsapp dan Telegram. Tipe penelitian ini penelitian deskriptif (descriptive research). Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari pengamatan langsung di lapangan dan pengisian kuesioner oleh pemilik tanaman monstera. Data sekunder diperoleh dari literatur yang diambil dari buku dan artikel serta lembaga atau instansi terkait topik tanaman florikultura khususnya tanaman monstera. Metode pengambilan contoh yang digunakan adalah quota sampling sebanyak 30 orang responden. Data dikumpulkan melalui pengisian kuisioner berbasis online (Qualtrics) dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah disiapkan untuk mengetahui WTP dari pemilik (konsumen/ pencinta) tanaman monstera dengan memanfaatkan sistem bidding game dan open ended question dalam merumuskan harga yang sanggup dibayar oleh konsumen (reponden). Metode analisis WTP dilakukan dengan metode analisis CVM (Contingent Valuation Method) dengan menggunakan software Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bidding games dipilih sebagai metode yang digunakan untuk mengestimasi nilai WTP pada tanaman Monstera adansonii dan monstera obliqua. Rata-rata kesedian responden membayar Monstera adansonii adalah sebesar Rp 34.017 untuk ukuran sedang dan membayar sebesar Rp 31.463 untuk monstera obliqua ukuran sedang. Sedangkan untuk harga optimal dari metode bidding game untuk Monstera adansonii adalah Rp 38,829,27 dan Rp 35,044,44 untuk monstera obliqua.
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R. F., & Tumanggor, M. B. (2022). Pengaruh Harga Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Bunga Hias (Studi Kasus Konsumen Tanaman Bunga Hias Di Kawasan Taman Bunga Hias Dusun V Kecamatan Pagar Merbau). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 109–121. https://doi.org/10.36490/jmdb.v1i2.355
Gabriel, A., & Menrad, K. (2013). Segmentation of Customers of Horticultural Non-food Products in Southern Segmentation of Customers of Horticultural Non-food Products in Southern Germany Segmentierung von Kunden im gärtnerischen Einzelhandel in Süddeutschland. June 2020.
Handoko, B. I. S., & Setiawan, I. (2021). KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) KONSUMEN MILENIAL DALAM MENGKONSUMSI SAYURAN ORGANIK (Suatu Kasus pada Warung Sehat 1000 Kebun, Kota Bandung). Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 911. https://doi.org/10.25157/ma.v7i1.4873
Hanley, N., & Spash, C. L. (1993). Cost-benefit analysis and the environment. In Cost-benefit analysis and the environment. Edward Elgar Publishing Limited. https://openlibrary.org/works/OL3246131W/Cost-benefit_analysis_and_the_environment
Jatimnow.com. (2020). Wow , Harga Janda Bolong Capai Puluhan Juta. https://republika.co.id/berita/qhm6792322000/wow-harga-janda-bolong-capai-puluhan-juta-rupiah
Khandelwal, U., Yadav, S. K., & Kumar, Y. (2020). Understanding Research Online Purchase Offline (ROPO) Behaviour of Indian Consumers. International Journal of Online Marketing, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.4018/IJOM.2020010101
Knuth, M. J., Khachatryan, H., & Hall, C. R. (2021). How consistent are consumers in their decisions? Investigation of houseplant purchasing. Behavioral Sciences, 11(5), NA. https://doi.org/10.3390/bs11050073
Lolita, L. (2021, February 18). Janda bolong jadi tanaman yang kini banyak diburu. Brilo.Net. https://www.brilio.net/wow/daftar-tanaman-hias-janda-bolong-termahal-dan-kelebihannya-210218q.html
Ningsih, K., Sakdiyah, H., Felani, H., Dwiastuti, R., & Asmara, R. (2019). Analisis Kesediaan Membayar (Willingness to Pay) Masyarakat Terhadap Pertanian Organik Buah Naga. Agriekonomika, 8(2), 143–155. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v8i2.5425
NuPlantCare. (2020). What are the Most Popular Types of Monstera Species ? https://nuplantcare.com/types-of-monstera-species/
Robinson, N. (2022). 21 M ost P opul a r T yp e s o f M onst e r a. https://houseplantauthority.com/monstera-types/
Rodrigues, R. I., Lopes, P., & Varela, M. (2021). Factors Affecting Impulse Buying Behavior of Consumers. Frontiers in Psychology, 59(1), 27–39. https://doi.org/110.3389/fpsyg.2021.697080
Sandoval, K. (2021, March). We’re obsessively buying house plants, and health experts say it’s a great antidote to pandemic loneliness. 1–17. https://www.insider.com/why-buying-plants-can-ease-your-pandemic-loneliness-2021-3
Schöps, J., Gabriel, A., & Menrad, K. (2009). Young families as buyers of horticultural products. Acta Horticulturae, 817(August 2017), 285–292. https://doi.org/10.17660/ActaHortic.2009.817.30
Setung, L. I., & Da Rato, Y. Y. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Willingness To Pay (Wtp) Semangka Organik. Jurnal Agribisnis, 10(1), 33–40. https://doi.org/10.32520/agribisnis.v10i1.1527
SYAFIQ ALFIKRI. (2019). KESADARAN DAN KESEDIAAN MEMBAYAR KONSUMEN TERHADAP DAGING SAPI TERSERTIFIKASI HALAL DI KOTA DAN KABUPATEN BOGOR. In SEKOLAH PASCASARJANA INSTITUT PERTANIAN BOGOR BOGOR.
Xu, C., Park, J., & Lee, J. C. (2021). The effect of shopping channel (online vs offline) on consumer decision process and firm’s marketing strategy. Internet Research, 32(3), 971–987. https://doi.org/10.1108/INTR-11-2020-0660
DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v25i3.3200
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172