PENGARUH PENAMBAHAN OCTANE BOOSTER AMSOIL TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PERTALITE DAN PERTAMAX PADA MOTOR NMAX
Sari
Kopling yaitu komponen mesin yang digunakan untuk menyalurkan tenaga dari pully ke roda belakang. Sepeda motor matik menggunakan transmisi otomatis (model v-belt) dengan mengandalkan kopling sentrifugal. Pada motor matik bagian kopling sentrifugal sering menjadi permasalahan, dimana motor terkadang getar pada awal motor mulai bergerak. Sepeda motor honda vario 150 cc yang menggunakan jenis kopling standar, pada mangkok kampas ganda malah menjadi tempat dari kotoran berupa debu yang seharusnya dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh modifikasi pada mangkok kopling dan kampas kopling terhadap kenerja (torsi dan daya) pada sepeda motor vario 150 cc dengan berbagai kecepatan putar mesin (rpm).
Pada penelitian ini dilakukan pecobaan dengan meletakkan lubang atau membuat lubang pada sisi pojok mangkok kopling yang diharapkan tidak berpengaruh pada keausan kampas kopling namun akan berfokus pada pembuangan kotoran yang selama ini sering mengendap pada sisi mangkok kopling yang sering menjadi penyebab utama motor matik getar, sedangkan untuk memperkecil tingkat slip pada kopling akan diberi sayatan pada kampas kopling .
Dari hasil penelitian diperoleh sayatan lubang dan pelubangan pada mangkok kopling dianggap paling baik untuk mengatasi masalah yang ada dikarnakan torsi meningkat 13,48% dan daya meningkat 15,1% dan memiliki hasil pengujian terbaik diantara kedua jenis varian pada kampas kopling dan mangkok kopling.
Kata kunci : Daya, Kopling, Sayatan, Torsi
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Mekanika dan Sistem Termal (ISSN : 2527-3841 ; e-ISSN : 2527-4910) diterbitkan oleh Universitas Janabadra dan telah terindeks oleh : Google Scholar