PENGARUH PENAMBAHAN OCTANE BOOSTER AMSOIL TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PERTALITE DAN PERTAMAX PADA MOTOR NMAX

Oki Lukman, Syahril Machmud, Joko Winarno

Sari


Kopling yaitu komponen mesin yang digunakan untuk menyalurkan tenaga dari pully ke roda belakang. Sepeda motor matik  menggunakan  transmisi  otomatis  (model  v-belt)  dengan  mengandalkan  kopling  sentrifugal.    Pada  motor  matik bagian kopling sentrifugal sering menjadi  permasalahan,  dimana motor terkadang getar pada awal motor mulai bergerak.  Sepeda motor honda vario 150 cc yang menggunakan jenis kopling standar, pada mangkok kampas ganda malah menjadi tempat dari kotoran berupa debu yang seharusnya dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh  modifikasi pada mangkok kopling dan kampas kopling terhadap kenerja  (torsi dan daya) pada sepeda motor vario 150 cc dengan berbagai kecepatan putar mesin (rpm).

Pada penelitian ini dilakukan pecobaan dengan meletakkan lubang atau membuat lubang pada sisi pojok mangkok kopling  yang  diharapkan  tidak  berpengaruh  pada  keausan  kampas  kopling  namun  akan  berfokus  pada  pembuangan kotoran yang selama ini sering mengendap pada sisi mangkok kopling yang sering menjadi penyebab utama motor matik getar, sedangkan untuk memperkecil tingkat slip pada kopling akan diberi sayatan pada kampas kopling .

Dari hasil penelitian diperoleh sayatan lubang dan pelubangan pada mangkok kopling dianggap paling baik untuk mengatasi masalah yang ada dikarnakan torsi  meningkat 13,48% dan daya meningkat 15,1% dan memiliki hasil pengujian terbaik diantara kedua jenis varian pada kampas kopling dan mangkok kopling.

Kata kunci : Daya, Kopling, Sayatan, Torsi


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mekanika dan Sistem Termal (ISSN : 2527-3841 ; e-ISSN : 2527-4910) diterbitkan oleh Universitas Janabadra dan telah terindeks oleh : Google Scholar

 

Free counters!