Perilaku Konsumen Pengguna Marketplace Dalam Collaborative Consumption

Erni Ummi Hasanah, Danang Wahyudi, Adinda Saraswati

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh teknologi yang semakin maju dan canggih sehingga informasi apa saja itu dapat mudah diperoleh atau diakses. Dengan adanya inovasi, maka muncul perusahaan penyedia platform. Keputusan pembelian di platform tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, maka dalam penelitian ini bertujuan Untuk mengidentifikasi variabel ekonomi dan variabel psikologis dalam memengaruhi collaborative consumption di marketplace. Jenis penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Janabadra Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) harga tidak berpengaruh negatif tetapi signifikan terhadap konsumsi di marketplace (2) promosi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap konsumsi di marketplace (3) kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsumsi di marketplace (4) Kepercayaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap konsumsi di marketplace (5) secara simultan harga, promosi, kemudahan, dan kepercayaan berpengaruh terhadap pembelian di marketplace (6) dominasi transaksi yang sering dilakukan oleh konsumen yaitu transaksi bidang fashion (7) dominasi marketplace yang paling diminati konsumen yaitu aplikasi shopee.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##