Perancangan Serta Pelatihan Sistem Informasi Biro Wisata Pada UKM Kumala Adhy Langgeng di Kelurahan Gentan Sinduharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta
Sari
Perkembangan teknologi dan informasi di era globalisasi ini telah menimbulkan perubahan yang cukup signifikan akan persaingan usaha pada setiap perusahaan. Dalam hal ini teknologi dan informasi merupakan hal yang sangat penting sehingga dapat mempengaruhi aspek kehidupan baik dari segi ekonomis maupun perkembangan perusahaan di masa yang akan datang. UKM Kumala Adhy Langgeng merupakan perusahaan yang melayani jasa pemesanan tiket untuk liburan maupun study tour. UKM ini pengolahan datanya masih menggunakan cara manual seperti pemesanan paket wisata, laporan bulanan, gaji karyawan yaitu menggunakan Ms. Excel dan Ms. Word sebagai penyimpanan data. Hal ini menjadi kendala dan hambatan bagi UKM untuk meningkatkan kinerja dalam hal pengambilan keputusan, manajemen waktu, struktur harga dan proses adaptasi terhadap perkembangan teknologi sistem informasi sekarang ini serta untuk lebih memberikan kepuasan kepada konsumen. Laporan keuangan baik pemasukan dan pengeluaran juga perlu perhatian dalam sistem pengolahannya agar tidak terjadi kerugian dalam perusahaan. implementasi metode Desain Basis Data serta penggunaan metode Data Flow Diagram dalam membangun sistem informasi biro wisata UKM Kumala Adhy Langgeng, dapat disimpulkan secara teknis bahwa perancangan yang digunakan untuk desain basis data serta alur kerja sistem serta tampilan sistem (user interface) dinyatakan baik dan dapat direkomendasikan untuk digunakan pada UKM Kumala Adhy Langgeng, dari segi manfaat, pimpinan dan admin sangat terbantu dengan adanya sistem informasi biro wisata ini, sehingga dapat mempermudah admin mengolah data dan informasi dengan cepat serta optimal. Serta dapat mempermudah juga bagi user dalam melakukan pemesanan paket wisata.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##
LP3M Universitas Janabadra