Strategi Pengembangan Obyek Wisata pada Agrowisata Salak Pondoh di Bangunkerto Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan strategi prioritas yang dapat diterapkan untukpengembangkan Agrowisata Salak Pondoh Bangunkerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive, dengan pertimbangan bahwa sumber daya pariwisata di Desa Bangunkerto Kabupaten Sleman, DIY
adalah beraneka ragam, selain itu, prioritas pengembangan wilayah adalah pertanian sehingga memungkinkan dikembangkan agrowisata dan ekowisata yang bersifat ramah lingkungan. Responden pada penelitian ini adalah stakeholders yang terkait dengan pengembangan agrowisata. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi kepustakaan. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan dilengkapi analisis data survei (kuantitatif) untuk interpretasi hasil. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi-strategi yang dapat diterapkan untuk pengembangan Agrowisata Salak PondohBangunkerto adalah: 1) membuat dan memperbaharui berbagai fasilitas baik olahan produk, pelatihan berbudidaya hingga fasilitas pendukung guna meningkatkan daya tarik wisatawan; 2) melalukan promosi berkelanjutan melalui berbagai sosial media, guna menarik para wisatawan berkunjung ke agrowisata; 3) meningkatkan berbagai fasilitas guna bersaing dengan para kompetitor lainnya; 4) menambah fasilitas petunjuk arah/lokasi yang lebih informatif bagi wisatawan agar lebih mudah mencapai lokasi. Sedangkan prioritas strategi yang dapat diterapkan untuk pengembangan Agrowisata Salak Pondoh Bangunkerto adalah strategi SO (Strength-Oppurtunities) pada kuadran I yaitu membuat dan memperbaharui berbagai fasilitas baik olahan produk, pelatihan budidaya salak hingga fasilitas pendukung guna meningkatkan daya tarik wisatawan berkunjung ke agrowisata.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Kayyis Miftahul Ulya, Migie Handayani1, Hery Setiyawan, Alternatif Strategi Pengembangan Produk Agrowisata, Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK http://ejurnal-litbang.patikab.go.id Vol. 19 No. 1 Juni 2023 Hal 31-42, 330-811-2-PB.pdf
Yustisia Kristiana, Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan agrowisata Berbasis Masyarakat Kampung Domba Terpadu Juhut Provinsi Banten, Jurnal Ilmiah Widya,Vol.3 no.3 Januari-Juli 2006, ISSN 2337-6686 ISSN- I 2338-3321. Agrowisata referensi.pdf
Aswir, P., Kusworo, & Priyono, B. (2021).Strategi Pengembangan Pariwisata Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kota Ternate Provinsi Maluku Utara. Jurnal Agribusiness Forum, 5(2), 41–54. DOI: https://doi.org/10.54783/jv.v13i3.475
Rangkuti, F. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. GrammediaPustaka Utama Kompas Grammedia
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Agnes Ratih Ari I.,, Fatmawati, Rini Raharti, (2022). Micro Smalland Medium Enterprise Development Strategy (MSME) Based On Creative Economy In Pangguaharjo Village, Yogyakarta. Prosiding Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa, 1(1), 38-45. DOI: https://doi.org/10.46576/ prosfeb.v1i1.35
Fyratika Ayu Kistari, Novi Marlena, Analisis SWOT sebagai Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan Usaha Sentra UKM Telur Asin Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, Jurnal Pendidikan Tambusai, VOL. 6 NO. 2 (2022): AGUSTUS 2022. HTTPS://JPTAM.ORG/INDEX.PHP/JPTAM/ARTICLE/VIEW/4737
Sari, T., Selamet, K., Purnami, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Pengembangan Agrowisata di Desa Pelaga Kecamatan Petang Kabupaten Badung. 19(1), pp.1- 9. http://dx.doi.org/10.22225/we.19.1.1575.1-9
Sri Hastuti,, Strategi Pengembangan Salak Pondoh Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jurnal Ilmiah INOVASI, Vol.13 No.3 Hal. 233-240, September- Desember 2013, ISSN 1411-5549, 96-Article Text-595-1-10-20160722.pdf
Nurdien Ashshidiqy, Penyelarasan Teknologi Informasidengan Strategi Bisnis, Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi Informasi, Volume 1, Issue1, September, 2019. https://www.dinastirev.org/JEMSI/article/view/46/34
Rizka Malisa, Muhammad Arifin Nasution, Onan Marakali Siregar, Strategi Bisnis Dalam Meraih Keunggulan Bersaing Melalui Metode Analisis Swot, Journal of Social ResearchJuni2022, 1(7), 743-75. https://ijsr.international journallabs.com/index.php/ijsr/article/view/145/202
Fitri Anggreani, T. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Swot: Strategi Pengembangan Sdm, Strategi Bisnis, Dan Strategi Msdm (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 619-629. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5.588
Lila Bismala, Susi Handayani, Model Manajemen Umkm Berbasis Analisis Swot, Prosiding Seminar Nasional PB3I ITM 2014, PB3I_ITM-libre.pdf (d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net).
Refbacks
- There are currently no refbacks.