Promosi Destinasi Wisata Puncak Bukit Tompak dan Bucu (Kegiatan Program PKW di Desa Srimulyo Piyungan Kabupaten Bantul)

Danang Wahyudi, Fikri Budi Sulia, Erni Ummi Hasanah

Sari


Kegiatan pengabdian masyarakat skema Program Kemitraan Kewilayahan (PKW) yang dilaksanakan oleh Tim Universitas Janabadra bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA dengan mitra Pemerintah Desa Srimulyo dan Pemerintah Kabupaten Bantul, salah satu tujuannya adalah ikut mempromosikan Puncak Bukit Tompak dan Bucu. Dari identifikasi   permasalahan   yang berkaitan dengan promosi wisata Bukit Tompak dan Bukit Bucu, adalah kunjungan wisatawan ke destinasi puncak bukit Tompak dan Bucu sudah ada, namun masih belum seperti yang diharapkan. Kondisi tersebut disebabkan karena penggunaan media promosi belum optimal baik yang bersifat offline maupun online. Untuk mengatasi permasalah tersebut, maka dilakukan kegiatan pemasangan billboard, pembuatan penunjuk arah yang dipasang di jalan utama menuju destinasi wisata Bukit Tompat dan Bukit Bucu, dan pembuatan website tentang destinasi obyek wisata desa Srimulyo. Hasil dari kegiatan PKW di desa Srimulyo adalah makin dikenalnya obyek wisata di Desa Srimulyo melalui media sosial, serta makin meniungkatnya perekonomian warga Ngelosari dan Kaligatuk.

Kata Kunci: PKW, Pokdarwis, Desa Wisata Srimulyo

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengabdian Kemenristek Dikti, (2018), Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XII. Jakarta. H.68-69

----------------. 2018. Buku Panduan Pengusulan Program Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Simlitabmas. Jakarta. H. 40-54

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid Dua. Jakarta: Erlangga.

Pemerintah Kabupaten Bantul. (2016). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bantul athun 2016-2012. Bantul.h. IV-3-V-7.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.