Evaluasi Kinerja Mesin Penghancur Bahan Pakan Ternak Di Museum Tani Jawa, Desa Kebonagung, Kec. Imogiri, Kab. Bantul

Juriah Mulyanti

Sari


Museum Tani Jawa di Desa Kebonagung Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogakarta, mempunyai sub bidang usaha peternakan yang berfungsi untuk mendukung keberlanjutan museum dan merangkul serta mensejahterakan masyarakat sekitar museum. Bidang usaha tersebut telah mempunyai mesin penghancur pakan ternak, yang sayangnya tidak berfungsi dengan baik. Sehingga semboyan untuk pengadaan mesin penghancur pakan ternak pada awalnya yang berupa : “Ora ngarit–Ora mambu–Ora angon”, tinggal menjadi slogan saja. Pada kegiatan ini akan dilakukan evaluasi permasalahan yang ada pada mesin, dan dicari solusinya, agar mesin penghancur bahan pakan ternak tersebut bisa digunakan oleh para peternak untuk menghancurkan/mencacah bahan pakan ternah yang tersedia. Berdasarkan evaluasi dan pengamatan yang telah diakukan, disimpulkan bahwa memperbaiki atau memodifikasi mesin yang sudah ada, adalah pekerjaan yang tidak efisien. Sehingga diputuskan untuk membuat mesin penghancur hijauan pakan ternak yang baru. Dari hasil uji coba mesin diperoleh data bahwa kapasita mesin, daya untuk menghancurkan pakan hijauan, dan kecepatan putar pisau pencacah berfungsi dengan sangat baik untuk menghasilkan kapasitas pakan sebanyak 1988 kg/jam. Sedangkan tingkat kebisingan dan tingkat getaran masih berada dibawah ambang batas yang disarankan oleh KEPMENAKER.

Kata kunci : mesin penghancur, pakan ternak, hijauan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sugandi et. al, “Rancang Bangun dan Uji Kinerja Mesin Pencacah Rumput Gajah untuk Pakan Ternak dengan Menggunakan Pisau Tipe Reel”, Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem, Vol.4, No. 1, pp. 200-206, 2016.

W. K. Sugandi, A. Yusuf, and M. Saukat, “Desain dan uji kinerja mesin pencacah rumput gajah tipe reel”, Jurnal Industri Teknologi Pertanian vol. 10, no. 1, pp. 52-60, 2016.

A. Hanafie and U. I. Makassar, “Aplikasi Mesin Pencacah Pakan Ternak Serbaguna Sebagai Upaya Mengurangi Pengolahan Pakan Ternak Secara Konvensional”, JAST Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi, vol 3, no.1, pp. 0-4, 2018.

D. A. Purba, A. P. Munir, and S. Panggabean, “Design and Construction of Agriculture Waste Grater”, jurnal.unitri.ac.id, vol. 5, pp. 343-349, 2017.

Nur Ihda Farikhatin Nisa, Achmad Aminudin, Yoga Akhdiat Fahrudi, “Perancangan dan penerapan teknologi alat pemotong rumput makanan ternak sebagai upaya efisiensi dan peningkatan produksi”, JAST Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi, Vol 3, No 1, 2019

Badan Standarisasi Nasional, “SNI 8818-2019 Pakan konsentrat kambing perah”, 2019, https://www.scribd.com/document/442879109/SNI-8818-2019-Pakan-konsentrat-kambing-perah (accessed Jun. 07,2021)

Didik A.N, dkk., “Rancang Bangun Mesin Perancang Rumput Gajah”, Universitas Muhammadyah Riau, 2018

Sulton Ali, “Perancangan Mesin Pencacah Pelepah Kelapa Sawit Untuk Pakan Ternak”, Universitas Negeri Malang, 2020

Bakti Asyari, “Perancangan Mesin Pencacah Rumput”, Universitas Jenderal Achmad Yani, 2017


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.