Pemeriksaan Laik Fungsi Bangunan Credit Union Sandya Swadaya

Arusmalem Ginting, Prasetya Adi, Bing Santosa

Sari


Bangunan Credit Union Sandya Swadaya adalah bangunan perkantoran tiga lantai dengan struktur beton bertulang. Sehubungan dengan keperluan perpanjangan sertifikat laik fungsi bangunan maka perlu dilakukan pengujian. Pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan visual bangunan, pemeriksaan dokumen bangunan, uji kuat tekan beton dengan tes Hammer, dan analisis struktur. Dari hasil pemeriksaan dapat disimpulkan bahwa: secara visual bangunan tidak menunjukkan kerusakan struktural, beban yang terjadi dalam batas wajar yaitu peralatan kantor dan partisi ringan,  mutu beton memenuhi  syarat sebagai beton struktural, dan simulasi balok dan kolom menunjukkan dimensi dan tulangan terpasang aman untuk menahan beban.

Kata kunci : bangunan, pemeriksaan, laik fungsi.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Budiono, “Pemeriksaan Kelaikan Fungsi Bangunan Gedung (SLF).” Jakarta, 2019.

Yayasan Badan Penerbit PU, Pedoman Perencanaan Pembebanan Untuk Rumah Dan Gedung SKBI-1.3.53.1987. Jakarta, 1987.

Badan Standardisasi Nasional, Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung (SNI 03-1726-2012). Jakarta, Indonesia, 2012.

Badan Standardisasi Nasional, Standar Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung (SNI 03-2847-2002). Jakarta, Indonesia, 2002.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.