PENGARUH GAYA HIDUP DAN PERAN LINGKUNGAN SOSIAL PADA PERILAKU KONSUMSI KOPI

Elly Rasmikayati, Ernah Ernah, Hepi Hapsari, R.A. Sukma Ayu Hanipradja, Bobby Rachmat Saefudin

Abstract


Consuming coffee has become part of the lifestyle of Indonesian people, and for some people it has even become an important part of daily life. Students tend to like to spend their time drinking coffee in coffee shops, this is because students can enjoy the time and atmosphere of a coffee shop with their friends. Many students who don't like drinking coffee become interested in drinking coffee because they are carried away by the social environment, especially the influence of their friends. Therefore, this research aims to analyze the influence of lifestyle and the role of the social environment on students' coffee consumption behavior. The research method used was a survey method of 113 respondents. The data analysis tools used are crosstab analysis and chi square test. The results of the research show that the influence of the lifestyle of consuming coffee on students is significantly related to the type of product consumed, the average expenditure on coffee shop style coffee products, the amount of consumption of coffee shop style coffee products, and the frequency of consuming coffee shop style. The role of the social environment in students is significantly related to the average expenditure of sachet instant coffee products, the amount of consumption of sachet instant coffee products, the frequency of consuming sachet instant coffee products, the average expenditure of coffee shop style coffee products, the amount of consumption of coffee shop style coffee products, and frequency of consuming coffee shop style.

 

Keywords: Coffee agribusiness, consumer behavior, correlation.

 

INTISARI

Mengonsumsi kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, bahkan bagi sebagian orang sudah menjadi bagian penting dalam keseharian. Mahasiswa cenderung gemar menghabiskan waktunya ngopi di coffee shop, hal tersebut dikarenakan mahasiswa dapat menikmati waktu dan suasana tempat ngopi bersama rekannya. Banyak mahasiswa yang tidak suka ngopi menjadi suka ngopi karena terbawa oleh lingkungan sosial terutama pengaruh dari lingkungan teman-temannya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup dan peran lingkungan sosial pada perilaku konsumsi kopi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei terhadap 113 orang responden. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis crosstab dan chi square test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh gaya hidup mengonsumsi kopi pada mahasiswa berhubungan signifikan dengan jenis produk yang dikonsumsi, pengeluaran rata-rata produk kopi ala coffee shop, jumlah konsumsi produk kopi ala coffee shop, dan frekuensi dalam mengonsumsi ala coffee shop. Peran lingkungan sosial pada mahasiswa berhubungan signifikan dengan pengeluaran rata-rata produk kopi instan sachet, jumlah konsumsi produk kopi instan sachet, frekuensi dalam mengonsumsi produk kopi instan sachet, pengeluaran rata-rata produk kopi ala coffee shop, jumlah konsumsi produk kopi ala coffee shop, dan frekuensi dalam mengonsumsi ala coffee shop.

                                        

Kata kunci: Agribisnis kopi, perilaku konsumen, korelasi.


Full Text:

PDF

References


Ajiwibani, M. P., & Edwar, M. (2019). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. (Studi Pada Konsumen D’Goda Coffee Pazkul Sidoarjo). Unesa, 1.

Anwari, S. R. (2018). Perilaku Konsumsi Kopi Di Kalangan Mahasiswa Di Kafe Sepanjang Jalan Kalpataru Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 1–14.

Aslam, I. B., Mubarokah, M., & Roidah, I. S. (2023). Segmentasi Pasar Konsumen Kopi di Kafe Kopi Sae Surabaya. Jurnal Pertanian Agros, 25(3), 3183–3190.

Databoks. (2021). 2021, Konsumsi Kopi Indonesia Diprediksi Mencapai 370 Ribu Ton | Databoks.

Elang, S., & Vidaksa, P. (n.d.). Chill Corner Coffee and Roaster (Perencanaan Pendirian Usaha Coffee Shop).

Imtihani, T. R., & Noer, E. R. (2013). Hubungan Pengetahuan, Uang Saku, Dan Peer Group Dengan Frekuensi Konsumsi Makanan Cepat Saji Pada Remaja Putri. Journal of Nutrition College, 2(1), 162–169. https://doi.org/10.14710/jnc.v2i1.2112

Mustinda. (2016). Generasi Millennial Terbukti Lebih Banyak Minum Kopi Dibandingkan Generasi Sebelumnya.

NURUL, K. (2019). HUBUNGAN GAYA HIDUP DAN PERSEPSI RISIKO DENGAN PERILAKU KONSUMSI KOPI INSTAN PADA MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ANDALAS.

Santrock, J. W. (2007). Adolesence: Perkembangan Remaja Edisi 11. Erlangga.

Scheaffer, R. L., III, W. M., Ott, R. L., & Gerow, K. (2012). Elementary Survey Sampling (M. Julet (ed.); SEVENTH ED). Richard Stratton.

Sheaffer, R. L., III, W. M., Ott, R. L., & Gerow, K. (2011). Elementary Survey Sampling (7th ed.). Cengage Learning.

Sigit, N. (2016). Hubungan Faktor-Faktor Sosial Ekonomi dengan Perilaku Konsumen dalam Mengkonsumsi Kopi di Kota Medan.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Suhada, R., & Asthiningsih, N, W, W. (2019). Hubungan Teman Sebaya dengan Kebiasaan Konsumsi Makanan Cepat Saji (Fast Food) pada Siswa-Siswi Kelas XI di SMA Negeri Samarinda. Borneo Student Research, 1(3), 38–45.

Suisa, K., Febrilia, V., & Santoso, T. (2014). GAYA HIDUP MINUM KOPI KONSUMEN DI THE COFFEE BEAN & TEA LEAF PLASA TUNJUNGAN SURABAYA. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 2(2).

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia, Jakarta, 1–2. https://doi.org/10.1007/BF01013984

Vanessa Isnidayu, A., Cahyo Sukartiko, A., & Ainuri, M. (2020). CONSUMER PERCEPTION ON SENSORY ATTRIBUTES OF SELECTED LOCAL INDONESIAN COFFEE. Malays. Appl. Biol, 49(3), 53–59.

WIJAYANTI, S. (2021). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP FREKUENSI KONSUMSI KOPI DI COFFEE SHOP.




DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v26i1.3801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 e-ISSN 2528-1488; p-ISSN 1411-0172