Pengaruh Penambahan Lubang Rumah Kopling Serta Jenis

Arif Nur Hidayah, Joko Winarno

Sari


Kopling yaitu komponen mesin yang digunakan untuk menyalurkan tenaga dari pully ke roda belakang pada sepeda motor matik  . pada  tipe  ini  menggunakan  transmisi  otomatis  (model  v-belt)  dengan  mengandalkan  kopling  sentrifugal.  Pada motor matik bagian kopling sentrifugal sering menjadi pokok dari permasalahan motor getar pada awal kendaraan akan mulai bergerak. Sepeda motor honda vario 150cc pada jenis kopling standar pada rumah kampas ganda malah menjadi sarang dari kotoran dari kampas ganda yang seharusnya dihindari. Eksperimen kali ini peneliti ingin menaruh lubang pada sisi pojok rumah kopling yang diharapkan tidak berpengaruh pada keausan kampas kopling namun akan berfokus pada pembuangan kotoran yang selama ini sering mengendap pada sisi rumah kopling dan  menjadi penyebab utama motor matik getar,sedangkan untuk memperkecil tingkat slip pada kopling akan diberi sayatan pada kampas kopling. Sayatan lubang dan pelubangan pada rumah kopling dianggap paling baik untuk mengatasi masalah yang ada di karnakan torsi  meningkat 13,48% dan daya meningkat 15,1% dan memiliki nilai hasil pengujian terbaik diantara kedua jenis varian pada kampas kopling dan rumah kopling. 

Kata kunci: daya, kopling, sayatan, torsi


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Mekanika dan Sistem Termal (ISSN : 2527-3841 ; e-ISSN : 2527-4910) diterbitkan oleh Universitas Janabadra dan telah terindeks oleh : Google Scholar

 

Free counters!