Analisis Pengaruh Model Alur Ban terhadap Efisiensi Pengereman Kendaraan Angkutan Barang
Sari
erbagai model alur ban dipasaran saat ini sangat sangat bervariasi dan memudahkan konsumen untuk memilih sesuai keinginan baik untuk kebutuhan formal maupun estetika, akan tetapi sering kali banyak dijumpai kasus kecelakaan kendaraan angkutan barang dikarenakan faktor ban. Salah satunya adalah penggunaan model alur ban yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tidak memperhatikan kondisi musim di Indonesia. Penelitian ini merujuk pada efisiensi pengereman yang dihasilkan dari model alur ban yang digunakan kendaraan angkutan barang dengan menggunakan alat Brake Tester merk Anzen Motor model SBT-307F No.4023R buatan Jepang tahun 1981 milik Unit Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Kabupaten Klaten. Hasil Penelitian didapatkan bahwa :1) Model alur ban kembang rib-lug pada pengujian kendaran truk memiliki efisiensi rata-rata pengereman terbaik yaitu 68.673% dengan memiliki kestabilan yang baik saat berjalan lurus dan berbelok dengan memperhatikan fungsi truk sebagai pengangkut material atau muatan dengan berat yang banyak. 2) Model alur ban kembang block pada pengujian kendaraan mobil bok memiliki efisiensi rata-rata pengereman terbaik yaitu 69.44% dengan tingkat kestabilan yang sangat baik terhadap perubahan cuaca sebagai mana fungsi dari mobil bok sebagai kendaraan angkutan ekspedisi antar daerah. 3) Model alur ban kembang cross pada pengujian kendaran pick- up memiliki efisiensi rata-rata pengereman terbaik yaitu 80.79 % dengan tingkat pendistribusian udara dan memecah air yang baik saat kondisi jalanan basah. Model alur ban ini dapat dipacu pada kecepatan tinggi dan kemampuan mengerem yang baik, sebagaimana berat kendaran dari pick-up yang dominan ringan dan kestabilan yang kurang yang berpotensi oleng saat dipacu pada kecepatan tinggi.
Kata kunci: Efisiensi Pengereman, Model Alur Ban, Roller Brake Teste
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Mekanika dan Sistem Termal (ISSN : 2527-3841 ; e-ISSN : 2527-4910) diterbitkan oleh Universitas Janabadra dan telah terindeks oleh : Google Scholar