Pengembangan Produk Dan Wisata Kakao Kelompok Tani “Ngudi Mulyo” Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul Berbasis Digital Marketing (Google Ads) Dan Sistem Kerja Berbasis Ergonomi
Sari
Kelompok Tani Kakao “Ngudi Mulyo” memiliki produk biji kering cokelat, kripik pisang cokelat, bubuk cokelat, dan rengginang cokelatserta wisata agrobisnis yang berlokasi di Dusun Nglegi RT 09 RW 03 Nglegi Patuk Gunung Kidul dan memiliki 140 anggota. Keberadaan kelompok tani ini patut diapresiasi karena mampu menciptakan keunggulan dan mampu survive secara mandiri memperjuangkan kesejahteraan dan keompok tani walaupun akhir- akhir ini mengalami permasalahan diantaranya: 1) Penurunan penjualan produk hasil olahan kakao secara drastis, sehingga penyerapan biji kakao tidak stabil, (2) Tuntutan pasar global berbasis IT dalam pemasaran digital cukup tinggi namun belum memiliki SDM yang ahli pada bidang tersebut, (3) Pembagian kerja tim tidak stabil/konsisten sehingga menghambat produktifitas. Melihat permasalahan yang penting untuk segera diatasi ini, maka ditawarkan solusi melalui kegiatan PKM meliputi program strategi digital marketing dengan pemanfaatan Google Ads serta standarisasi sistem kerja tim berbasis ergonomic. Tujuan dari PKM ini diantaranya: (1) Memiliki akun sistem pemasaran produk berbasis Google Ads versi android secara real time, (2) Meningkatkan keterampilan tim kelompok tani dalam pemasaran digital serta serta analisis bisnis, (3) Meningkatkan sistem kerja berbasis ergonomi. Kegiatan ini berfokus pada pengabdian kepada masyarakat berbasis ekonomi digital pada usaha Kelompok Tani Kakao “Ngudi Mulyo”. Metode yang digunakan untuk merealisasikan program yang ditawarkan yaitu percontohan, demonstrasi, eksperimen, sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Target capaian keberhasilan program diantaranya 100% memiliki akun sistem pemasaran produk berbasis Google Ads versi android secara real time, 90% meningkatkan keterampilan pemasaran dan bisnis analisis bagi tim kelompok tani, 90% meningkatkan sistemkerja berbasis ergonomic, 100 % perangkat pendukung pemasaran digital.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
S. Hadi dan D. Sunyoto,
“Optimalisasi Strategi Digital Produk
Kelompok Tani Kakao ‘Ngudi
Mulyo’ Gunung Kidul Yogyakarta,”
ADARMA Jurnal Pengabdian
Masyarakat Universitas Janabadra,
vol. 8, no. XII, hlm. 92–98, 2021.
S. Hadi, H. K. Tjahjono, dan M.
Palupi, “Study of Organizational
Justice in SMEs and Positive
Consequences: Systematic Review,”
International Journal of AdvancedScience and Technology, vol. 29, no.
, hlm. 15, 2020.
S. Hadi dan Supardi, “New
Perspective on the Resilience of
SMEs Proactive, Adaptive, Reactive
from Business Turbulence: A
Systematic Review,” JXAT, vol. XII,
no. V, Mei 2020, doi:
37896/JXAT12.05/1524.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##
LP3M Universitas Janabadra