Pendampingan Pengelolaan dan Pemasaran Produk Bawang Goreng “Mr. Bram”
Sari
Mitra dari program pengabdian masyarakat ini adalah salah satu industri rumah tangga yang memproduksi bawang merah goreng dengan nama “Mr. Bram” di dusun Pergiwatu Wetan. Produksi bawang goreng yang diproduksi memiliki 2 rasa yaitu gurih dan pedas. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pemasaran produksi bawang goreng “Mr. Bram”. Selama ini mitra menjalankan usaha bawang merah goreng secara tradisional dari proses pengolahan hingga ke pemasaran. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra dari aspek produksi adalah keterbatasan peralatan produksi dan untuk pengeringan bawang goreng selama ini di lakukan secara manual. Permasalahan dari aspek pemasaran adalah keterbatasan pengetahuan mitra dalam menggunakan teknologi digital sebagai alat promosi bawang goreng “Mr.Bram”, pemasaran yang dilakukan selama ini dari mulut ke mulut di sekitar Kulon Progo. Permasalah lain adalah mitra ingin membuat kemasan yang lebih menarik, kemasan untuk rasa gurih dan pedas dibedakan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah wawancara secara langsung dengan mitra. Solusi yang ditawarkan ke mitra untuk meningkatkan pemasaran melalui digital marketing diantaranya adalah pembuatan website ,desain kemasan yang lebih menarik, sedangkan untuk produksi akan dibuatkan sebuat alat pengering atau pemisah minyak dan menambah jumlah peralatan produksi. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan mitra akan dilakukan pelatihan pemasaran dan pengolahan keuangan.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##
LP3M Universitas Janabadra