Peningkatan Usaha Bumdes “Maju Makmur” di Desa Balerante Melalui Pendampingan Kelompok Tani Kopi di Taman Wisata Ledok Balerante

Dewi Puspitasari, Sri Kuning Retno Dewandini

Sari


Tujuan program peningkatan usaha Bumdes Maju Makmur di Desa Balerante adalah meningkatkan pengetahuan anggota kelompok tani kopi dalam hal budidaya kopi dan pengetahuan dalam hal penyusunan laporan keuangan sesuai standar guna meningkatkan usaha Bumdes pada Desa Balerante. Kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi budidaya kopi dan pelatihan penyusunan laporan keuangan sesuai Standar Akuntansi Keuangan untuk pencatatan dan pengakuan Aset Biologis berupa tanaman kopi dan perlakuan bagi hasil produksi. Metode pelaksanaan terdiri dari mengidentifikasi masalah, pendampingan dan menyampaikan solusi dengan sosialisasi bagaimana melakukan budidaya kopi yang baik kepada mitra serta pelatihan pembuatan dan penyusunan laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi keuangan khususnya untuk UMKM bagi Bumdes. Hasil kegiatannya adalah sebagai berikut: (i) adanya peningkatan pengetahuan anggota kelompok tani kopi dalam budidaya kopi di daerah Balerante; (ii) adanya peningkatan pengetahuan dalam penyusunan laporan keuangan bumdes sesuai dengan standar akuntansi keuangan untuk UMKM sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelaporan bagi bumdes dan meningkatkan usahanya.

Kata kunci : peningkatan usaha, budidaya kopi, pelaporan keuangan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Suharto, “Pemerintahan Desa dalam Mendukung Keberhasilan Implementasi UU Desa di Jawa Tengah 2018,” Pros. Senas POLHI ke-2 Tahun 2019, pp. 157–175, 2019.

Khairil Hamdi, “Pengembangan Usaha Kuliner Home Industri Sebagai Peluang Kaum Perempuan Menuju Industri Kreatif,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, pp. 110–116, 2019, doi: 10.31849/dinamisia.v3i2.2867.

A. W. dan K. Ligwina Hananto, Ahmad ghozali, Buku Kerja Keuangan Ukm Kreatif. 2018.

E. Latupeirissa, “Budidaya Tanaman Kopi,” 2019. .

Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Perkebunan, “Pedoman Teknis Budidaya Kopi yang Baik (Good Agriculture Practices /GAP on Coffee),” 49/Permentan/OT.140/4/2014, p. 72, 2014.

M. Subandi, Budidaya tanaman perkebunan, vol. 1, no. 9789799263711. 2011.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

IDM Crack

Crack IDM

IDM Crack 6.41

olux

سرور مجازی

سرور اختصاصی

دانلود کرک نرم افزار

اخبار تکنولوژی

اخبار تکنولوژی , It