PREFERENSI KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN TELUR ASIN DESA KEBONSARI SIDOARJO PADA MASA PANDEMI COVID-19
Dena Puji Rahayu, Sigit Dwi Nugroho, Eko Priyanto
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis preferensi konsumen terhadap produk telur asin Desa Kebonsari Sidoarjo dan menganalisis strategi pemasaran yang tepat produk Telur Asin Desa Kebonsari Sidoarjo pada Masa Pandemi Covid-19. Responden dalam penelitian ini adalah 70 konsumen telur asin Desa Kebonsari dan seluruh anggota Kelompok Tani Sumber Pangan sebanyak 25 orang. Metode riset menggunakan Analisis Konjoin, Matriks IFE, Matriks EFE, dan Analisis SWOT. Hasil riset menunjukkan bahwa penilaian preferensi konsumen berdasarkan tujuh atribut telur asin Desa Kebonsari memilih telur asin dengan tingkat keasinan yang sedang, ukuran sedang, varian ikan, harga sebesar Rp 3.000, tingkat keawetan selama 2-3 minggu, warna telur biru muda dan kemasan yang dipilih adalah aluminium foil. Alternatif strategi usaha telur asin pada Kelompok Tani Sumber Pangan Desa Kebonsari Sidoarjo adalah dengan meningkatkan variasi produk sesuai dengan selera konsumen, membuat varian telur asin mentah tanpa cangkang, membuat kemasan kedap suhu agar lebih tahan lama, mengadakan bebas antar produk dengan minimum jumlah pembelian, mengadakan diskon atau potongan harga pada saat memproduksi varian baru.