STRATEGI BERTAHAN INDUSTRI KEDAI KOPI (COFFE SHOP) DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
The objective of this study to analyze the survival strategy of coffee shop in Padang during Covid-19 pandemic. The Bacarito Coffee Shop were taken as respondents. This research used 10 key informants from business, government and academics and 30 customer were collected by accidental method. The data analyzed by using IFE and EFE Matrices and SWOT Analysis. The results indicate that to survive during the pandemic, the coffee shop industry needs to design marketing and product innovation by means of digitalization marketing and innovation on menu design based on millenial consumer preferences.
INTISARIPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lingkungan strategis internal dan eksternal usaha kedai kopi serta menganalisis strategi bertahan kedai kopi di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan pada salah satu kedai kopi di Kota Padang yang terdampak selama pandemi yakni “Bacarito Kopi”. Penelitian ini menggunakan 10 orang key informant dan 30 responden yang dipilih secara aksidental. Analisis data dilakukan dengan menggunakan matrik IFE dan EFE serta analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa untuk bertahan di masa pandemi, usaha coffee shop harus berani melakukan inovasi pemasaran dan inovasi produk dengan melakukan digitalisasi marketing dan menawarkan menu yang sesuai dengan preferensi selera konsumen milenial.
Full Text:
PDFReferences
David, Fred R. 2006. Manajemen Strategis : Konsep Edisi 10. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
Fahmi, Irham. 2017. Manajemen Strategis: Teori Dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Fidela, Alifah, dkk. 2020. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya di Desa Jambu, Kabupaten Sumedang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(3), 493‒498.
Hardilawati W.L., 2020. Strategi bertahan UMKM di tengah pandemi Covid 19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika.
Hafezalkotob A., Nersesian L., Fardi K. 2023. A policy-making model for evolutionary SME behavior during a pandemic recession supported on game theory approach. Computers and Industrial Engineering. Vol 177.
Omar S., Morales C,. 2021. Innovation as recovery strategy for SMEs in emerging economies during the COVID-19 pandemic. Research in International Business and Finance. Vol 57
Sari, Putri Rahmania, & Suherman. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Coffeeshop (Studi Kasus pada Coffeeshop Bacarito Kopi di Padang). UNPjoMath, Vol. 3(1), 59-63.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v25i2.2775
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172