FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN NYAYUR.ID DI KOTA SALATIGA

Yudithia Kusumawardhani, Lasmono Tri Sunaryanto

Abstract


Nyayur.id is the only online business service application in Salatiga City that sells various kinds of household needs such as vegetables, fish, spices and so on. This study was conducted to determine the effect of price, promotion, product quality, service quality, ease of use, and customer satisfaction on customer loyalty of Nyayur.id in Salatiga City. A non-probability sampling approach with a purposive sampling method was applied to 70 respondents with the criteria of customers who actively using the application and have made purchases at least 2 times in 2020. Data analysis technique used was multiple regression analysis. The results showed that variables of price, promotion, product quality, service quality, ease of use and customer satisfaction simultaneously have significant effect on customer loyalty. Based on the partial test, the variables of product quality, service quality, and customer satisfaction have significant effect, while the price, promotion, and the ease of use have no significant effect on customer loyalty of Nyayur.id in Salatiga City.

INTISARI

Nyayur.id merupakan satu-satunya aplikasi layanan bisnis online di Kota Salatiga yang menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga seperti sayur, ikan, bumbu dapur, dan sebagainya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, kualitas produk, kualitas pelayanan, kemudahan penggunaan, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan aplikasi Nyayur.id di Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan non-probability sampling dengan metode purposive sampling kepada 70 responden yaitu dengan kriteria pelanggan yang aktif menggunakan aplikasi Nyayur.id dan telah melakukan pembelian minimal 2 kali di tahun 2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga, promosi, kualitas produk, kualitas pelayanan, kemudahan penggunaan dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan Nyayur.id. Berdasarkan uji parsial, variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan, sedangkan variabel harga, promosi, dan kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Nyayur.id di Kota Salatiga.


Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Rajawali Press. Jakarta.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 Edisi Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hasanah, I. 2019. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Penelitian Universitas Muhammadiyah Jember. 8(5), 55.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Andi Offset. Yogyakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

Mulyana, Mumuh. 2019. Strategi Promosi dan Komunikasi. Universitas Terbuka.

Nyonyie, R. A., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado. Jurnal Administrasi Bisnis. 9(3), 18.

Oktaviani, N., Astuti, W., & Firdiansjah, A. 2019. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Pembentukan Komitmen Pelanggan dan e-WOM pada Pengguna Aplikasi e-Money "OVO". Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa. 12(1), 93–112.

Rehatalanit, Y. L. 2021. Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri. 5(0), 62–69.

Shabur, M., Susilo, H., & Riyadi. 2008. Implementation of E- Commerce as an online Sales Medium (Case Study at a Factory Shop in Malang City. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 29(1), 1–9.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Syahrizal, M., Arief, I., Khabibah, U., Niaga, A., & Malang, P. N. 2019. Analisis Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Penggunaan E-Commerce Shopee Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Aplikasi Bisnis. 5(1), 161–164.

Tjiptono, dkk. 2008. Pemasaran Strategi. Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima Edisi 2. Andi Offset. Yogyakarta.

Umami, R., Rizal, A., & Sumartik, S. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Warsu Coffe Cafe. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi. 15(2), 250.

Yadewani, D., & Wijaya, R. 2017. Pengaruh e-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi). 1(1), 64–69.

Yulita, & Prihtanti, M. T. 2019. Determinan Kepuasan Pengunjung Wisata PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan. Jurnal Pertanian Agros. 21(2), 275–282.




DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v25i2.2857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172