ANALISIS HUBUNGAN WUJUD FISIK, KEHANDALAN, DAYA TANGGAP, EMPATI, DAN JAMINAN DENGAN MINAT KUNJUNG KEMBALI WISATAWAN PADA AGROWISATA JOLLONG DI KABUPATEN PATI
Abstract
In Agrotourism, there must be an increase and decrease in the interest of returning tourists. To overcome these problems, efforts are being made to improve the quality of services in agrotourism. This study has one goal, namely: to analyze the relationship between the dimensions of service quality which includes: physical form, reliability, responsiveness, empathy, and assurance with the interest of returning tourists in Jollong Agrotourism, Pati Regency. This study uses a non-probability sampling approach with a purposive sampling method of 60 respondents. The data analysis technique used is Spearman Rank Correlation Test. The results showed that: The variables of physical form (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), empathy (X4), and assurance (X5) were very positively related to the interest in revisiting Jollong Agrotourism tourists.
INTISARI
Pada Agrowisata pasti mengalami kenaikan dan penurunan minat kunjung kembali wisatawan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, upaya yang dilakukan ialah meningkatkan kualitas pelayanan pada Agrowisata. Dalam penelitian ini mempunyai satu tujuan yaitu: menganalisis hubungan antara dimensi kualitas pelayanan yang meliputi : wujud fisik, kehandalan, daya tanggap, empati dan jaminan dengan minat kunjung kembali wisatawan di Agrowisata Jollong Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan non-probability sampling dengan metode purposive sampling sebanyak 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Variabel wujud fisik (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), empati (X4), dan jaminan (X5) sangat berhubungan positif dengan minat kunjung kembali wisatawan Agrowisata Jollong.
Full Text:
PDFReferences
Cronin, JR, J. Joseph; Michael K. Brady, G; and Thomas M. Hult (2000), “Assessing the Effects of Quality, Value, and Customer Satisfaction on Consumer Behavioral Intentions in Service Environments”. Journal of Retailing, Vol. 76, No. 20, pp. 193-218.
Kenyon, G. N., & Sen, K. C. (2015). The Perception of Quality Mapping Product and Service Quality. London: Springer.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran.Jilid 1. Edisi Ke 13 Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Malau, Herman. 2017. Manajemen Pemasaran: Teori Dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung:CV Alfabeta.
Mamang, E. S. dan Sopiah. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Praktik Dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Oemi, 1995. Measuring Customer Satisfaction; Survey Design, Use, and Statistical Analysis Methods. ASQ Quality Press, Wisconsin. USA.
Parasuraman, A, Valerie A. Zeithaml, Leonard L. Berry. 1998 SERVQUAL :A Multiple Item Scale For Measuring Consumer Perception Of Service Quality. Journal Of Retailing Vol. 64 No. 1, pp 12-37.
Prihtanti, Yulita. 2019. Determinan Kepuasan Pengunjung Wisata PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan. Jurnal Pertanian Agros Vol. 21 No.2, Juli 2019: 275-282.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa, Bayumedia: Malang.
Tjiptono, Fandy. 2016. Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Umar, H. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Rajawali Pers. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v25i2.2902
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172