TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG JOGJA AGRO TECHNO PARK DI KALURAHAN WIJILAN KAPANEWON NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO

Rini Anggraeni, Subeni Subeni, Gorga Efranda

Abstract


This research aims to find out: (1) the level of visitor satisfaction with Jogja Agro Techno Park, and (2) know the factors that are a priority to increase visitor satisfaction at Jogja Agro Techno Park. The basic method in this study is the descriptive quantitative method. Determination of the location of the study is determined by purposive sampling, the determination of samples using nonprobability sampling techniques. Respondents studied as many as 100 visitors to Jogja Agro Techno Park. Primary and secondary data can be obtained through questionnaires distributed to respondents. The analysis method uses the Customer Satisfaction Index (CSI) method and the Importance Performance Analysis (IPA) method. results of the study obtained a visitor satisfaction rate of 77.34% which means visitors feel satisfied and the main priority factor is affordable food prices and always respond to visitors quickly

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kepuasan pengunjung Jogja Agro Techno Park, dan (2) mengetahui faktor-faktor yang menjadi prioritas peningkatan kepuasan pengunjung Jogja Agro Techno Park. Metode dasar dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan purposive sampling, penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Responden meneliti sebanyak 100 pengunjung Jogja Agro Techno Park. Data primer dan sekunder diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden. Metode analisis menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pengunjung sebesar 77,34% yang berarti pengunjung merasa puas dan faktor prioritas utama adalah harga makanan yang terjangkau serta selalu merespon pengunjung dengan cepat.


Full Text:

PDF

References


Dewi, R. N. M. S. P. (2020). Dampak Pengembangan Agrowisata Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Lokal Kampung Flory Sleman, Yogyakarta. Journal of Tourism Destination and Attraction, 8(1).

Fandi, T. dan G. C. (2011). Service, Quality dan Satisfication (2nd ed.). Penerbit Andi Yogyakarta.

Handriati, dkk (2015).Analisis Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Servperf-Ipa-Csi

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Utama, I. G. B. R. (2011). Agrowisata sebagai Pariwisata Alternatif.

Zaqiah Ramdani, T. K. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Agrowisata Dan Dampaknya Terhadap Sosial Ekonomi

Masyarakat (Studi Kasus Pada Agrowisata Kampung Flory, Sleman, Yogyakarta). Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan

Agribisnis, 6(2),675–689




DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v25i2.3008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172