PERSEPSI SANTRI TERHADAP MINAT WIRAUSAHA BIDANG PERTANIAN DI PONDOK PESANTREN AL MUMTAZ KERJAN, BEJI, PATUK, GUNUNGKIDUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
This research aims to determine the perceptions of students, to find out the interests of students and to find out the factors that influence students' perceptions of students' interests. This research is a descriptive research method with a quantitative approach. Data collection in this research uses the interview method, and distributes questionnaires. Validity test and reliability, which are needed to measure the strength and validity of research instruments, descriptive statistical analysis methods and multiple linear regression analysis. The income expectation variable (2,452) t table (2,000) and the Sig value 0.017 0.05 h₀ The income expectation variable has a positive effect with partial significance towards students' interest (accepted), family environment variables (2,000) t table (2,000) and sig value. 0.050 0.05 h₀ The family environment variable has a positive effect with partial significance on students' interest (accepted), the entrepreneurship education variable (0.596) t table (2.000) and the Sig value. 0.553 0.05h₀ The entrepreneurship education variable has no partial significant effect on students' interest (rejected). The Income Expectation variable has a significant effect on the Entrepreneurship Interest Variable, the Family Environment variable has a significant effect on the Entrepreneurship Interest Variable, Entrepreneurship Education has no significant effect on the Entrepreneurship Interest Variable, Madrasah Aliyah Al Mumtaz Islamic Boarding School educational institutions must always maximize entrepreneurship programs in the agricultural sector both in terms of creativity, quality and quantity.
Keywords: Perception, Family Environment, Entrepreneurship Education, Interest.
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: persepsi santri, minat santri dan faktor yang mempengaruhi persepsi santri terhadap minat santri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan membagikan kuesioner. Uji validitas dan reliabilitas diperlukan untuk mengukur kekuatan dan keabsahan instrumen penelitian, metode analisis statistik deskripsi dan analisis regresi linier berganda, variabel ekspektasi pendapatan (2.452) > t tabel (2.000) dan nilai Sig 0,017 < 0,05, variabel ekspektasi pendapatan berpengaruh positif secara signifikasi parsial terhadap minat santri (diterima),variabel lingkungan keluarga ( 2.000) t tabel (2.000) dan nilai sig. 0,050 < 0,05, variabel lingkungan keluarga berpengaruh positif secara signifikasi parsial terhadap minat santri (diterima),variabel pendidikan kewirausahaan (0.596) t tabel (2.000) dan niali Sig. 0,553 > 0.05h₀ variabel pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh secara siginifikasi parsial terhadap minat santri (ditolak).Variabel ekspektasi pendapatan berpengaruh signifikan terhadap variabel minat berwirausaha,variabel lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap variabel minat berwirausaha, pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, lembaga pendidikan Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Mumtaz perlu selalu memaksimalkan program kewirausahaan di bidang pertanian baik dari segi kreativitas, kualitas maupun kuantitas.
Kata kunci: Pesepsi, Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, Minat
Full Text:
PDFReferences
Adhitama, P. P. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip, Semarang).
Ariana, R. (2016). Tinjuan tentang presepsi. 1–23.
Arisena, G. M. K. (2017). Diktat Kewirausahaan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Avi, A. F. (2022). Minat Beli Ulang Pada Masa Pandemi COVID-19
Dumasari, D. (2014). Kewirausahaan Petani dalam Pengelolaan Bisnis Mikro di Pedesaan. Ajie, 3(3), 196–202.
Duri Kartika, C. Pengertian Persepsi., 16 (1994), 1–37.
Fatchurrohman; Ruwandi. (2018). Model Pendidikan Entrepreneurship di Pondok Pesantren Pondok Pesantren Bina Insani Susukan dan Pondok Pesantren Al Ittihad Poncol Kabupaen Semarang Kabupaten Semarang. Inferensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 12(2), 395–416.
Fay, D. L. (1967). Bab Ii Landasan Teori a. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 22–40.
Fitria Santi. (2021). Pengaruh Matakuliah Kewirauashaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri AR-RANIRY BANDA ACEH.
Hidayat, S., Saleh, M., Rohaeni, N., Pakupatan Kota Serang, B. (2019). Pelatihan Kewirausahaan Menuju Santripreneur di Pondok Pesantren Al-Mubarok Kota Serang. Journals.Upi-Yai.Ac.Id, 2(3), 19–25.
Ii, B. A. B., Pesantren, A. P., & Pesantren, P. (2019). Pinter nak ora duweni akhlak sia-sia,. 177–178.
Imran, M. I. A. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 50–64.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13.
Mnur Fadhilah. (2017). KAJIAN TEORI: Konsep Santri dan Pesantren. 26–65.
Mukti, G. W., Andriani, R., & Pardian, P. (2018). Tranformasi Petani Menjadi Entrepreneur (Studi Kasus pada Program Wirausaha Muda Pertanian di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran). Agricore: Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 3(2).
Qudrotulloh, H. M., Sumarsih, E., Nuryaman, H., Mutiarasari, N. R., & Hardiyanto, T. (2020). Persepsi Petani Muda Terhadap Wirausaha di Sektor Pertanian (Studi Kasus Pada Petani Muda di Desa Tenjonagara). Agribisnis dan Tekhnologi Pangan, 2(2), 124–135.
Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). Gambaran umum pondok pesantren dan santri. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Sugita, S., & Ansori, A. (2018). Upaya Dosen Kewirausahaan Sebagai Faktor Determinatif Dalam Menumbuhkan Motivasi Wirausaha Mahasiswa IkIP Siliwangi. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2),
Titu, M. A., & Maran, M. D. M. M. (2022). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Ber-Entrepreneur. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 10(2), 656–644.
UNY. (2013). Pengertian Persepsi. 53(9), 1689–1699.
DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v25i4.3567
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172














