PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK (KUE KERING) ROKERZ CRACKREZ DI PONDOK PESANTREN AL MUMTAZ YOGYAKARTA
Abstract
Consumer behavior towards producers involves identifying consumer needs and desires, which are then used to formulate and implement marketing strategies through the products offered by producers to consumers. This research aims to explore consumer preferences for Rokerz Cracker dry cake products. To achieve this goal, efforts need to be made to introduce the Rokerz Crackerz product to the market so that the product can attract the attention, interest and desires of consumers. It is hopend that this will encourage the market to consumers whether they like it or not. I like Rokerz Crackerz products. The method in this research uses quantitative and qualitative data collection (mix method). Data analysis in this study used fishbein multi-attribute analysis. The results of this research are to determine consumer preferences for Rokerz Crackerz products. Based on the results of Fishbein’s multi-attribute analysis, it is known that the attributes that consumers most consider when purchasing Rokerz Crackerz at Al Mumtaz Islamic Boarding School Yogyakarta are price, product, promotion, packaging, colour, variant and location.
Keywords: Consumer preferences, Attributes and Pastry products
INTISARI
Perilaku Konsumen adalah sikap konsumen dalam memilih kebutuhan dan keinginan pada keputusan pembelian produk kue kering Rokerz Crackerz. Produk kue kering Rokerz Crackerz adalah produk dari olahan yang berbahan dasar tepung terigu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap kue kering Rokerz Crackerz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dan kualitatif. Data diambil dari 30 responden dan dianalisis menggunakan analisis multiatribut Fishbein. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa atribut-atribut yang mempengaruhi konsumen dalam mempertimbangkan pembelian produk kue kering Rokerz Crackerz yaitu harga, produk, promosi, kemasan, warna, varian, dan tempat penjualan. Karakteristik konsumen produk kue kering Rokerz Crackerz yaitu dengan pendidikan terakhir mulai dari TK dengan persentase 6,7%, SD dengan persentase 10%, SMP dengan persentase 10%, SMA dengan persentase 53,3% dan perguruan tinggi (PT) dengan presentase 20%.
Kata kunci: Preferensi konsumen, Atribut, dan Produk kue kering
Full Text:
PDFReferences
Amalina, N, N., & Harti. (2021). Analisis Sikap Fishbein Pada Konsumen Pengguna Indihome PT Telkom Kediri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1397–1403. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/41514/35736.
Badan Pusat Statistik. BPS. (2022) Jumlah rata-rata perkapita pada komoditas kue kering. Sumber: Badan Pusat Statistik.
Faridah, A., & Bambang Widjanarko, S. (2014). Penambahan Tepung Porang Pada Pembuatan Mi dengan Substitusi Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour). Jurnal Teknologi Dan Industri Pangan, 25(1), 98–105. https://Doi.Org/10.6066/Jtip.2014.25.1.98
Hatmiyani, Djoko Santoso, Eka Radiah (2020). Analisis Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Atribut Kue Apam di Kecamatan Barabai Frontier Agribisnis 4(2), Juni 2020.
Hidayat, B., & Berliana, D. (2018). Analisis Preferensi Konsumen Dan Proksimat Cookies Bebas Gluten Berbahan Baku Tepung Ubi Kayu ( Manihot Utilissima ) Tinggi Protein 3(2), 14–22.
Putri, A. E. V. T. P., Pratjojo, W., & Susatyo, E. B. (2015). Uji Proksimat dan Organoleptik Brownies Dengan Substitusi Tepung Mocaf (Modidies Cassava Flour). Indo. J. Chem. Sci, 4(2), 169–171. http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Ijcs
Rahanatha, G. B. (2018). Kepuasan Konsumen Terhadap Niat Membeli Kembali. 6(4), 2018–2046.
Sumarlin, B. R., & Al Arifa, N. S. (2023). Karakteristik Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Jamu Gendong di Desa Kiringan, Jetis, Bantul, Yogyakarta. Agrisaintifika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 7(2(Is)), 119. https://Doi.Org/10.32585/Ags.V7i2(Is).4355
Susilo, Y. S. (2018). Strategi Bertahan Industri Makanan Skala Kecil Pasca Kenaikan Harga Pangan Dan Energi Di Kota Yogyakarta. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 14(12), 225-244. http://doi.org/10.240334/j25485024.y2010.v14.i2.284
Syam, S. A., Haeruddin, M. I. W., Ruma, Z., Musa, M. I., & Hasbiah, S. (2022). Pengaruh Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Marketplace. Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis, 18(2), 73–79.
Tehuayo, R. (2021). Subtitusi Tepung Pisang Raja dan Tepung Kacang Merah Pada Mutu Kue Kering.
Marfu’ah, Umma Rizqi, Darsono, Isti Khomah. (2023). Terhadap Pembelian Produk Madu di Provinsi Jawa Tengah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Agribisnis Terpadu 16(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v25i4.3624
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172














