SEGMENTASI PASAR KONSUMEN PRODUK OLAHAN BUAH MANGGA

Elly Rasmikayati, Tuti Karyani, Bobby Rachmat Saefudin

Abstract


Market segmentation can produce a strong marketing strategy. Apart from that, by segmenting you can also find consumers who have similar characteristics between what they want and what the processor offers, which will have an impact on increasing people's buying interest in the future. There are various kinds of processed mango products already circulating on the market. while consumers have various criteria in purchasing certain products or brands. Consumers tend to buy products that suit their needs, tastes and purchasing power. So the aim of this research is to analyze the consumer market for processed mango fruit products. The data used for this research comes from primary data and secondary data. This research was carried out at the Faculty of Agricultural Industrial Technology, Padjadjaran University. The results obtained from this research are that there are 6 market segments for consumers of processed mango fruit products which are divided into, Use Seekers, with a cluster size of 10%; Innovation Seekers, with a cluster size of 3%; Benefit Seekers, with a cluster size of 29%; Price Seekers, with a cluster size of 37%; Taste Seekers, with a cluster size of 13%; Comfort Seekers, with a cluster size of 8%.

 Keywords: Processed Mango Products, Market Segmentation, Market Analysis

 INTISARI

Adanya segmentasi pasar dapat menghasilkan strategi pemasaran yang kuat. Selain itu dengan melakukan segmentasi juga dapat menemukan konsumen yang memiliki kemiripan karakteristik antara keinginan yang dimiliki dengan apa yang ditawarkan pelaku pengolahan yang nantinya akan berdampak pada meningkatnya minat beli masyarakat di masa yang akan datang Adanya berbagai macam produk olahan buah mangga yang sudah beredar di pasaran, sedangkan konsumen memiliki berbagai kriteria dalam membeli produk atau merek tertentu. Konsumen cenderung membeli produk yang sesuai dengan kebutu han, selera dan daya belinya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk  menganalisa Pasar Konsumen Produk Olahan Buah Mangga, Data yang digunakan untuk penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder, data primer pada penelitian ini didapat dari metode survey, desain penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif, serta objek pada penelitian ini adalah civitas akademika Fakultas Teknologi Indutri Pertanian Universitas Padjadjaran. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Terdapat 6 segmentasi pasar konsumen produk olahan buah mangga yang terbagi menjadi, Pencari Kegunaan, dengan ukuran klaster 10%; Pencari Inovasi, dengan ukuran klaster 3%.;Pencari Manfaat, dengan ukuran klaster 29%.; Pencari Harga, dengan ukuran klaster 37%;Pencari Rasa, dengan ukuran klaster 13%; Pencari Kenyamanan, dengan ukuran klaster 8%.

 Kata Kunci : Produk Olahan Mangga, Segmentasi Pasar, Analisis Pasar


Full Text:

PDF

References


Badar, H., Ariyawardana, A., & Collins, R. (2015). Capturing consumer preferences for value chain improvements in the mango industry of Pakistan. International Food and Agribusiness Management Review, 18(1030-2016–83040), 131–148.

Dimyati, M. (2015). Persepsi Konsumen Terhadap Bauran Ritel Tradisional dan Ritel Modern di Kota Jember.

Elepu, G., Nabisubi, J., & Sserunkuuma, D. (2016). Segmentation of processed fruit juice consumers in Urban Uganda. Business Management and Strategy, 7(1), 80–95.

Firdaus, A., & Sepriana, S. (2019). Analis Informasi Pengembangan teknologi Industri. Pusdatin, 4.

Halimah, A. S., Sudding, M. R., & Nurhaedah, N. (2022). SEGMENTASI PASAR KUE KHAS KARASA (Studi Kasus Industri Karasa Pinrang Sulawesi Selatan. Jurnal Pertanian Agros, 24(1), 11–18.

Hardiyanti, R., Mada, U. G., Bachtiar, W. F., & Mada, U. G. (2020). Penentuan segmen dan sasaran pasar produk sari buah campuran sebagai produk baru. October 2013.

Helmi, S., Syah, L. Y., & Agustian, W. (2019). Perubahan Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Dari Ritel Tradisional Ke Ritel Modern. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 2(1), 1–10.

Indriawan, P. (2018). RENCANA BISNIS OH MY JUICE. President University.

Ishano, C. C. (2017). SEGMENTASI PASAR KONSUMEN MAKANAN DI JAKARTA, INDONESIA DENGAN PENDEKATAN FOOD-RELATED LIFESTYLE. AGRIBUSINESS JOURNAL, 11(2), 130–147.

Lasmini, N. K., & Suryaniadi, S. M. (2013). Analisis Segmenting, Targeting, Positioning Produk (Kajian Pada Kopi Bali Banyuatis). Forum Manajemen, 11(2), 109–129.

Ludvianto, M. (2022). Optimalisasi Potensi Desa Untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Watugajah. Jurnal Atma Inovasia, 2(1), 60–68.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan Tahun 2012.

Nugraha, J. P., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Johannes, R., Batin, M. H., Lestari, W. J., Khatimah, H., & Beribe, M. F. B. (2021). Teori perilaku konsumen. Penerbit NEM.

Nugraha, R. A., Mulyani, A., & Gata, W. (2020). Desain Vending Machine Rujak Buah Dengan Finite State Automata. IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol, 5(2), 198–207.

Rasmikayati, E., Fauziah, Y. D., Trimo, L., Kusumo, R. A. B., & Saefudin, B. R. (2021). Analisis Karakteristik Konsumen Produk Olahan Mangga Ditinjau Dari Aspek Demografis, Geografis, Psikografis Serta Perilaku Konsumen Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2), 1618–1638.

Setjadiningrat, C. (2017). Quantitative Consumer Study on the Preference to Intrinsic Quality Attributes of Dried Mango among Dutch Consumers Quantitative Consumer Study on the Preference to Intrinsic Quality Attributes of Dried Mango among Dutch Consumers. September 2016.

Shafira, N. A., Rasmikayati, E., & Saefudin, B. R. (2021). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Olahan Mangga Analysis Of Consumer Preferences For Processed Mango Products. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Juli, 7(2), 1033–1044.

Shukla, R., Chaudhari, B., & Joshi, G. (2014). An analysis of consumer behavior and preference for mango pulp in South Gujarat, India. Asian Journal of Dairy and Food Research, 33(2), 98. https://doi.org/10.5958/0976-0563.2014.00583.1




DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v26i1.3794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172