FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK OLAHAN MANGGA

Elly Rasmikayati, Lucyana Trimo, Bobby Rachmat Saefudin

Abstract


The production of mangoes in Indonesian, which is seasonal, causes mango production to be abundant during the harvest season and scarce when it is outside the harvest season. Currently, there are many alternatives in processing mangoes outside the harvest season. However the factor that influence consumer preferences for processed mango products are not yet know. The methods used in this research is quantitative research. The normality test result obtained a significant Kolmogorov-Smirnov value at 0.799 > 0.005. Therefore, it can be concluded that the data is normally distributed and the regression model meets the assumptions of normality. Based on the multicollinearity test, the tolerance value for each variable is greater than 10 percent (0.1) and the VIF value for each variable is less than 10. In the regression test, the factors that have a significant influence on consumer preferences for processed products mango includes social class factors (X2) and Self-concept factors (X8) with positive inluences of 0.291 and 0.734 respectively. The coefficient of determination test obtained and R2 value of 0.305, indicating that 30.5% of consumer preferences for processed products are influenced by these factors, while 69.5% of consumer preferences for processed mango products are influenced by other variables not examined in this research.

Keyword: Characteristics, Preferences, Mango

 INTISARI

Produk mangga di Indonesia yang bersifat musiman menyebabkan hasil produksi mangga menjadi melimpah pada saat musim panen dan langka ketika di luar musim panen. Saat ini, telah banyak alternatif dalam pengolahan mangga menjadi produk olahan agar konsumen dapat tetap mengonsumsi mangga di luar musim panen. Namun, belum diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap produk olahan mangga. Metode yan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil uji normalitas mendapatkan nilai Kolmogorov-Smirnov signifikan pada 0,799 > 0,05. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan model regresi memenuhi asumsi normalitas. Berdasarkan uji multikolinearitas mendapatkan nilai tolerance pada masing-masing variabel yang lebih besar dari 10 persen (0,1) dan nilai VIF pada masing-masing variabel kurang dari 10. Pada uji regresi faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan dengan preferensi konsumen terhadap produk olahan mangga meliputi faktor kelas sosial (X2) dan faktor konsep diri (X8) dengan pengaruh positif masing-masing sebesar 0,291 dan 0,734. Uji koefisien determinasi didapatkan Nilai R2 sebesar 0,305 menunjukkan bahwa 30,5% preferensi konsumen terhadap produk olahan dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut, sedangkan 69,5% preferensi konsumen terhadap produk olahan mangga dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 Kata kunci: Karakteristik, Preferensi, Mangga


Full Text:

PDF

References


Bukhari, F., Hussain, S., Ahmed, R. R., Streimikiene, D., Soomro, R. H., & Channar, Z. A. (2020). Motives and role of religiosity towards consumer purchase behavior in western imported food products. Sustainability, 12(1), 356.

FAO. (2018). Food Loss Analysis: Causes and Solutions. In Food Loss Analysis: Causes and Solutions - case studies in the Small-scale Agriculture and Fisheris Subsector (Issue May). http://www.fao.org/3/a-az568e.pdf

FAO. (2019). Major tropical fruits - Preliminary market results 2019. Rome, 3–4.

Mangkunegara, P. A. (2002). Perilaku Konsumen, edisi revisi, cetakan kedua. Penerbit: Refika Aditama, Bandung.

Pramono, A. T. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Teh di Kabupaten Klaten.

Rachmah, A. D., Rasmikayati, E., & Saefudin, B. R. (2019). Factors related to continuation of mango cultivation. Jurnal Pertanian, 10(2), 52–60.

Rasmikayati, E., Kusumo, R. A. B., & Saefudin, B. R. (2023). HUBUNGAN KARAKTERISTIK MAHASISWA DENGAN POLA KONSUMSI BUAH DAN OLAHANNYA. Jurnal Pertanian Agros, 25(3), 2424–2432.

Sartia, Srikandi, K., & Dahlan, F. (2013). PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Yang Membeli Dan Menggunakan Smartphone Samsung). Brawijaya University.




DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v26i1.3796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 e-ISSN 2528-1488; p-ISSN 1411-0172