STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN AYAM PETELUR
Abstract
Mawar Chicken is a business owned by Mr. Marno where the Mawar Chicken farming business has problems from price competition and inadequate marketing. This research aims to (1) Analyze the strengths, weaknesses, opportunities and threats of Mawar Chicken in developing the laying chicken farming business (2) Find out the strategy for developing the Mawar Chicken laying chicken farming business. The technique for determining informants used the purposive sampling method. Test the validity of the data using source triangulation and method triangulation. The analysis tool uses SWOT and from the calculations the IFAS value is 0.862 and EFAS is 0.390 which shows that Mawar Chicken is in progressive quadrant 1, the development of the Mawar Chicken laying hen farming business uses the SO strategy, namely a comfortable place/cage and good egg quality. From the results of this research, the main factors for the success of the Mawar Chicken business are; (1) Place and quality of chicken eggs; (2) Marketing of chicken eggs. With the Mawar Chicken strategy, you must also pay attention to the sales promotion process to the health of the chickens, in this way the Mawar Chicken business will grow and develop.
Keywords: Development Strategy, Laying Hens, Mawar Chicken
INTISARI
Mawar Chicken merupakan usaha yang dimiliki oleh Bapak Marno dimana usaha peternakan Mawar Chicken memiliki permasalahan dari persaingan harga dan pemasaran yang kurang luas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman pada Mawar Chicken dalam mengembangkan usaha peternakan ayam petelur (2) Mengetahui strategi pengembangan usaha peternakan ayam petelur Mawar Chicken di Desa Koripan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai bulan Agustus tahun 2023. Teknik penentuan informan menggunakan metode purposive sampling. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Alat analisis menggunakan SWOT dan dari perhitungan memperoleh nilai IFAS sebesar 0,862 dan EFAS sebesar 0,390 yang menunjukkan Mawar Chicken berada di kuadran 1 progressive, pengembangan usaha peternakan ayam petelur Mawar Chicken menggunakan strategi SO yaitu tempat/kandang yang nyaman dan kualitas telur yang bagus. Dari hasil penelitian ini faktor utama keberhasilan usaha Mawar Chicken ialah; (1) Tempat dan kualitas telur ayam; (2) Pemasaran telur ayam. Dengan adanya strategi Mawar Chicken juga harus memperhatikan dalam proses promosi penjualan hingga kesehatan ayam, dengan demikian usaha Mawar Chicken akan tumbuh dan berkembang.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Ayam Petelur, Mawar ChickenFull Text:
PDFReferences
David. (2011). Strategic Management (Vol. 43, Issue 11). https://doi.org/10.2307/2584115
Dewi, Elisabet Harianti and Kaunang, Stella Tinny and Polan, thresia sampe. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur Ellen Farm Di Kelurahan Bengkol Kecamatan Mapanget [Universitas De La Salle Manado]. https://repo.unikadelasalle.ac.id/1693/
Ramdani, S. H., and Supriyat, F. (2018). Analisis Faktor Eksternal Dan Internal Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Pada Cv Certowin Multi Trading Indonesia. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 6(1), 48–55. https://doi.org/10.34203/jimfe.v6i1.492
Sari, A. P. (2020). Penggunaan Intsant Messanging (Whatshapp) Sebagai Promosi Barang Dagangan Online. 21(1), 1–9.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung Alf (p. 143).
Syam Rahadi, S.Pt, M. P. (2012). Manajemen Peternakan Ayam Petelur (M. Rahman, S, P (ed.); 12th ed.). CV. Diaspora Publisher, Jl. MT Haryono IXC/300.
Umam, K. G. L. (2018). Smart Kandang Ayam Petelur Berbasis Internet of Things untuk Mendukung SDGS 2030 (Sustainable Development Goals). Jurnal Teknoinfo, 12(2), 43. https://doi.org/10.33365/jti.v12i2.86
DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v26i1.3861
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172