ANALISIS TINGKAT KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECAP DI PASAR MODERN KOTA SURAKARTA

Afifa Nor Laili, Tria Rosana Dewi, Umi Nur Solikah

Abstract


This research was conducted to determine and analyze the effect of price, brand image, and brand perception in decision of sweet soy sauce purchasing. Basic method of this research is quantitative method. This research was conducted in Surakarta modern market which was determined by researcher (Purposive). Data was analyzed with multiple regression method using SPSS (Statistical Product and Service Solution) software version 25. Result showed that variable of product price has positive correlation and significant toward decision of sweet soy sauce purchasing. Variable of brand image has positive correlation and significant toward decision of sweet soy sauce purchasing. Variable of brand perception also has positive correlation and significant toward decision of sweet soy sauce purchasing.

 Keywords: Consumer behavior, Modern Market, Sweet Soy Sauce

 INTISARI

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga produk, citra merek, persepsi merek dalam pengambilan keputusan pembelian produk kecap manis. Metode dasar penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penentuan lokasi pada penelitian ini dilaksanakan secara sengaja (purposive), yaitu di Pasar Modern Kota Surakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner, dan wawancara. Alat analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga produk memiliki arah hubungan positif dan  signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian produk kecap manis. Variabel citra merek memiliki arah hubungan positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian produk kecap manis. Variabel persepsi merek memiliki arah hubungan positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian produk kecap manis.

 Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Pasar Modern, Kecap Manis.


Full Text:

PDF

References


Adi Nugraha, Alfian. 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan (Studi Pada Konsumen Produk Mie Sedaap di Yogyakarta). (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Yogyakarta)

Lenaini, I. 2021. Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, Palembang.

Meutia. 2015. Standardisasi Produk Kecap Kedelai Manis Sebagai Produk Khas Indonesia, Jurnal Standardisasi, Bogor.

Pujihastuti, I. 2010. Prinsip penulisan kuesioner penelitian. CEFARS: Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, Bekasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v26i1.3956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172