ANALISIS USAHA DAN PEMASARAN ITIK PEDAGING (Anas planthrynchos) (STUDI KASUS : DESA KOTA RANTANG, KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG)
Abstract
This study aims to find out how much income the farmer receives, far the business is feasible. The sampling method was carried out purposively. The analytical method used is descriptive, R/C and B/C as well as marketing margins, farmer's share, and marketing efficiency. Based on the research results, the average total revenue earned by breeders is Rp. 19,611,422, - with an average production cost of Rp. 9,871,917, - so that broiler duck breeders get an average income of IDR 9,739,509, - per harvest period. The average number of R/C obtained by breeders is 1.9, which means that according to the R/C testing criteria > 1, then broiler duck farming is feasible for breeders to cultivate. Meanwhile, from the results of the calculation of the benefit cost ratio, it can be seen that the B/C value is 1 = 1. So the broiler duck business in the B/C ratio test is categorized as a broiler duck business which is at the breakeven point where if it is cultivated, it does not experience losses or gains.
Keywords : Breeders, Income, Feasibility.
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pendapatan yang diterima oleh peternak, layak kah usaha tersebut dijalankan. Metode pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Metode analisis yang digunakan adalah deskriftif, R/C dan B/C serta margin pemasaran, farmer’s share, dan efisiensi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian Rata-rata total penerimaan yang di dapat oleh peternak sebesar Rp. 19.611.422,- dengan rata-rata pengeluaran untuk biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp. 9.871.917,- sehingga peternak Itik Pedaging mendapatkan pendapatan rata-rata yaitu sebesar Rp 9.739.509,- Per periode panen. Jumlah rata-rata R/C yang diperoleh para peternak yaitu sebesar 1,9 yang berarti sesuai dengan kriteria pengujian R/C > 1, Maka usahatani Itik Pedaging tersebut layak untuk diusahakan oleh peternak. Sedangkan dari hasil perhitungan benefit cost ratio dapat dilihat bahwa nilai B/C sebesar 1=1 Maka usaha ternak Itik Pedaging dalam uji B/C ratio dikategorikan usaha ternak Itik Pedaging yang berada pada titik impas dimana jika diusahakan tidak mengalami kerugian maupun tidak mengalami keuntungan.
Kata Kunci : Peternak, Pendapatan, Kelayakan.
Full Text:
PDFReferences
Distan, A. 2019. Aspek Pemasaran Hasil Pertanian. https://distan.bulelengkab. go.id/informasi/detail/artikel/aspek-pemasaran-hasil-pertanian-19. Diakses November 2023.
Feily dan Bagus Harianto. 2012. 40 Hari Panen Itik Raja Itik Pedaging Unggul. Jakarta: P.T AgroMedia Pustaka.
Hanafi, R. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.
Kotler, P. dan K.L. Keller. 2013. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Roesmawati, H. 2011. Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Agrobisnis.
Soekartawi, 2011. Ilmu Usahatani dan Penelitian untuk Pengembangan Petani Kecil. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Subagja, H., Prasetyo, B., Nurjanah, H. 2017. Production Factor Affecting Layer Duck Bussiness of Semi-Intensive Poultry Farm in Jember Regency. Jurusan Peternakan Politeknik Negeri Jember.
Susanto, 2007. Teori Pemasaran. Press: Bogor.
DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v26i1.3972
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172














