IMPLEMENTASI PEMASARAN ONLINE BERBASIS E-COMMERCE PADA PENGRAJIN JAMU GENDONG TRADISIONAL DUSUN KIRINGAN

Fatkhul Munib, Nur Saudah Al Arifa Dewi

Abstract


Online marketing is one of the most important parts of running a business in the form of goods or services. E-commerce is a necessity in an advanced business with the help of the internet to develop businesses including herbal medicine products. Hamlet of Kirringan is a producer of traditional herbal products. The majority of the population in Kirringan hamlet, especially the women, have jobs as sellers of traditional herbal medicine or commonly referred to as herbal medicine craftsmen. The purpose of this research is to assist the process of selling herbal medicine products in the Kirringan hamlet. SWOT analysis with the S-O, S-T, W-O, W-T strategies was applied to determine the success of marketing herbal medicine products in the Kirringan hamlet. In this study, it can be concluded that the use of SWOT analysis can determine the marketing strategy for herbal medicine in the hamlet of Kirringan and assist herbal medicine craftsmen in increasing the market for herbal products so that sales of herbal products in the hamlet of Kirringan can increase through online marketing based on E-Commerce.

Keywords: online marketing, e-commerce, herbal medicine

INTISARI

Pemasaran online adalah salah satu bagian terpenting dalam menjalankan suatu usaha baik berupa barang ataupun jasa. E- commerce merupakan kebutuhan dalam suatu bisnis yang telah maju dengan bantuan internet untuk mengembangkan usaha termasuk dalam produk jamu. Dusun Kiringan merupakan penghasil produk jamu tradisonal. Mayoritas penduduk di dusun Kiringan terutama pada wanitanya memiliki pekerjaan sebagai penjual jamu tradisional atau biasa di sebut sebagai pengrajin jamu gendong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu proses penjualan produk jamu yang berada di dusun Kiringan. Analisis SWOT dengan strategi S-O, S-T, W-O, W-T diterapkan guna menentukan keberhasilan pemasaran produk jamu di dusun Kiringan. Pada penelitian ini dapat di simpulkan bahwasannya penggunaan analisis SWOT dapat menentukan strategi pemasaran jamu di dusun Kiringan dan membantu pengrajin jamu dalam meningkatkan pasar produk jamu sehingga penjualan produk jamu di dusun Kiringan dapat meningkat melalui pemasaran online berbasis E- Commerce.

 Kata kunci : pemasaran online, e-commerce, jamu gendong



Full Text:

PDF

References


Dilla, O., Dewi, P. S., & Rahmat, M. (2022). Strategi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Omzet Industri Keripik Di Bandar Labuhan Tanjung Morawa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11). http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI

Evelyn. (2018). Analisis Manajemen Strategi Bersaing Dengan Matriks Ie, Matriks Swot Dan Matriks Qspm Pada PT. XYZ.

Ginanjar Sri Lakutomo. (2014). Analisis Pemasaran Terhadap Bisnis Online (E-Commerce) Dalam Jaringan Sosial Internet.

IYAS. (2011). Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Usaha Rumahan Griya Unik Wanita. SKRIPSI, 1–174.

Maryama STIE Ahmad Dahlan Jakarta Jl Ciputat Raya No, S., & Jakarta Selatan, C. (2013). Penerapan E- Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. In Jurnal Liquidity (Vol. 2, Issue 1).

Maryono, D., & Subiyantoro, S. (2019). Profil Pemasaran Online Usaha Kerajinan Topeng Dan Kayu Batik Desa Bobung Gunungkidul. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori Dan Implementasi, 10, 87–98. http://journal.umy.ac.id/index.php/bti

Mayang, A., Astuti, I., & Ratnawati, S. (n.d.). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). In Anissa Mayang Indri) Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 17, Issue 2).

Miftah, S., Heru, M., & Riyadi, S. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 29, Issue 1).

Muhimmah, K., & Rofiki, Moh. (2021). . Jurnal Istiqro, 7(2), 203. https://doi.org/10.30739/istiqro.v7i2.981

Nurussofiah, F. F., Karimah, U., Khodijah, S., Hidayah, U., Tinggi, S., Islam, A., & Probolinggo, M. (n.d.). Penerapan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Online di Era Globalisasi Development (Vol. 1, Issue 2).

PUTRI RAMADANI. (2021). Pengaruh Implementasi Pemasaran Berbasis E-Commerce Terhadap Volume Penjualan Pada Pt Sinar Graha Indonusa Medan.

Rahmawati, P. (2018). Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. 3(1), 53–62. https://doi.org/10.26486/jm.v3i1.656

Rahmawaty, P., Faraz, N. J., Staf, G., Fakultas, P., Sosial, I., Universitas, E., & Yogyakarta, N. (n.d.). Pemberdayaan Perempuan Pengrajin Jamu Gendong Di Dusun Kiringan, Canden, Jetis Kabupaten Bantul.

Sriwidya Lafu, L. (2021). Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Usaha Ukm Ike Suti Menggunakan Metode Waterfall Implementation Of Online Sales System Based On E- Commerce In Ukm Businesses Ike Suti Using The Waterfall Method. In Journal Of Information And Technology Unimor.

Studi, P. (2018). Penerapan Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Pada Pt. Arma Anugerah Abadi Medan.

Sulistyary Andiyantika. (2014). Dampak Profesi Perempuan Penjual Jamu Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga.




DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v25i4.4040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172