ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN CRIPING SINGKONG PRESTO PAK NUR

Daniel Sandi Nugroho, Bayu Nuswantara

Abstract


Presto Pak Nur Cassava Criping is one of the industries that processes cassava into criping. The amount of cassava criping production at Pak Nur Singkong Criping has decreased in the Covid 19 pandemic era until now. So it is necessary to carry out a consumer satisfaction analysis to determine the level of consumer satisfaction with cassava criping. The purpose of this research is to analyze product importance, level of consumer satisfaction, and attribute position based on the level of consumer interest and producer performance. The method used in this research is descriptive, Customer Satisfaction Index (CSI) analysis and Importance Performance Analysis (IPA) analysis. The attributes used in this research are color, aroma, taste, packaging, labels, texture, social media, direct channels, indirect channels, pricing and discounts. The results of analyzing the level of consumer satisfaction using the Customer Satisfaction Index (CSI) method obtained a score of 72.64%, which shows satisfaction. The attributes that are considered important and must be maintained are taste, packaging, texture, color and aroma. In quadrant II (maintain performance) there are attributes: taste, packaging, texture, color and aroma; while in quadrant III (low priority) there are attributes: labels, social media, direct channels, indirect channels, pricing and discounts.

Keywords: Criping Singkong Presto Pak Nur, CSI, IPA, Cassava

INTISARI

Criping Singkong Presto Pak Nur merupakan salah satu industri yang mengolah singkong menjadi criping. Jumlah produksi criping singkong di Criping Singkong Pak Nur mengalami penurunan di era pandemic Covid 19 hingga sekarang. Sehingga perlu dilakukan sebuah analisis kepuasan konsumen untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap criping singkong. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kepentingan produk, tingkat kepuasan konsumen, dan posisi atribut berdasarkan tingkat kepentingan konsumen dan kinerja produsen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif, analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan analisis Importance Performance Analysis (IPA). Atribut yang digunakan pada penelitian ini adalah warna, aroma, rasa, kemasan, label, tekstur, media sosial, saluran langsung, saluran tidak langsung, penetapan harga dan potongan harga. Hasil analisis tingkat kepuasan konsumen dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh skor sebesar 72,64% yang menunjukan puas. Atribut yang dinilai penting dan harus dipertahankan adalah rasa, kemasan, tekstur, warna, dan aroma. Pada kuadran II (pertahankan prestasi) terdapat atribut: rasa, kemasan, tekstur, warna, dan aroma; sedangkan pada kuadran III (prioritas rendah) ada atribut: label, media sosial, saluran langsung, saluran tidak langsung, penetapan harga, dan potongan harga

Kata Kunci: Criping singkong Presto Pak Nur, CSI, IPA, Singkong.


Full Text:

PDF

References


Diana dan Hayati, M. (2021) “Sikap Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Keripik Singkong Turbo Sakti Di Kabupaten Sumenep,” Agriscience, 2(1), hal. 165–183. Tersedia pada: https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i1.11298.

Jackxander, N. (2018) Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan PT. SPC Salimah Food (Studi Kasus: JABODETABEK). Universitas Islam Negeri Syariah Hidayatullah Jakarta.

Lastyo, S. (2019) Kontribusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Nasution, I.M. (2018) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Rumah Makan Vegetarian Di Kota Medan, Jom Faperta. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Nasution, L. (2018) Evaluasi Situs Web Pemerintah Menggunakan Metode Webqual Dan Importance-Performance Analysis ( IPA ) ( Studi Kasus : Situs Kecamatan Lowokwaru-Malang). Universitas Brawijaya Malang. Tersedia pada: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11188.

Prasetio, P. (2023) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Keripik Tempe Umkm Kritem Q Di Kabupaten Muaro Jambi, Journal of Engineering Research. Universitas Jambi.

Purbobinuko, Z.K. dan Wurianing, R. (2020) “Analisis Kepuasan dengan Metode CSI dan IPA Terhadap Pelayanan Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan di RS . Dr Soetarto Yogyakarta,” Indonesian of Health Information Management, 8(2), hal. 80–91.

Rangkuti, F. (2003) Analisis SWOT Teknik Membedah Kasis Bisnis. Edisi 10. Jakarta: Gramedi Pustaka Umum.

Salsabila, N. (2016) Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada First Love Patisserie di Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah.

Setyawati, R., Suriana, I. dan Gafur, A. (2021) “Pengolahan Singkong Menjadi Produk Pangan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Kelompok Tani Bakti Karya Karang Joang Balikpapan,” Jurnal Karya Abdi, 5(1), hal. 102–108. Tersedia pada: https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/13837.

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v26i1.4049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172