FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAAN MASYARAKAT DALAM PENERIMAAN BANTUAN SOSIAL BLT-DD MELALUI APLIKASI PASARDESA.ID DI DESA PANGGUNGHARJO

Uden Supriatna, Nur Saudah Al Arifa

Abstract


This research aims to determine the factors that influence the level of community satisfaction in receiving Village Fund Direct Cash Assistance (BLT-DD) social assistance through the pasardesa.id application channel in the Panggungharjo Village area. The research method used was a descriptive method with a survey and interview approach, which was carried out on Beneficiary Families (KPM) in Panggungharjo Village. This survey involves distributing a questionnaire containing several question items designed to measure factors such as satisfaction, trust, service, security and convenience related to the process of distributing BLT-DD social assistance funds through the pasardesa.id application in Panggungharjo Village. The sample method adopted in this study is a purposive sampling technique with the application of the solvate formula. The number of respondents involved in this research was 70 Beneficiary Families (KPM) who received BLT-DD social assistance through the pasardesa.id application in Panggungharjo Village. Through variable analysis, the research results show that there is a significant correlation between the variables studied. This analysis indicates that the four independent variables have a positive and significant relationship with the level of community satisfaction. From the results of the descriptive analysis, it can be seen that factors such as trust, service, security and convenience have a positive and significant influence on community satisfaction in receiving BLT-DD social assistance through the pasardesa.id application in Panggungharjo Village. This conclusion illustrates the importance of these factors in increasing the level of community satisfaction in facing the process of receiving social assistance through the pasardesa.id application platform in Panggungharjo Village.

 Keywords: Community Satisfaction, Social Assistance BLT-DD, Pasardesa.id Application

 INTISARI

Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengetahui faktor-faktor yang memiliki pengaruh terhadap tingkat kepuasan masyarakat dalam penerimaan bantuan sosial Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) melalui aplikasi pasardesa.id di wilayah Desa Panggungharjo. Metode penilitian yang dilakukan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan survei dan wawancara, yang dilakukan terhadap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Panggungharjo. Survei ini melibatkan penyebaran kuesioner yang berisi beberapa item pertanyaan yang dirancang untuk mengukur faktor-faktor seperti kepuasan, kepercayaan, pelayanan, keamanan, dan kemudahan yang terkait dengan proses pendistribusian dana bantuan sosial BLT-DD melalui aplikasi pasardesa.id di Desa Panggungharjo. Metode sampel yang diadopsi dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan penerapan rumus solvin. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah sebanyak 70 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima bantuan sosial BLT-DD melalui aplikasi pasardesa.id di Desa Panggungharjo. Melalui analisis bervariat, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara variabel-variabel yang diteliti, dengan analisis ini mengindikasikan bahwa keempat variabel independen memiliki hubungan positif dan signifikan dengan tingkat kepuasan masyarakat. Dari hasil analisis deskriptif, dapat dilihat bahwa faktor-faktor seperti kepercayaan, pelayanan, keamanan, dan kemudahan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam menerima bantuan sosial BLT-DD melalui aplikasi pasardesa.id di Desa Panggungharjo. Kesimpulan ini menggambarkan pentingnya faktor-faktor tersebut dalam meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat dalam menghadapi proses penerimaan bantuan sosial melalui platform aplikasi pasardesa.id di Desa Panggungharjo.

 Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, Bantuan Sosial BLT-DD, Aplikasi Pasardesa.id


Full Text:

PDF

References


Brian Gabriel Soriton. (2022). Analisis Faktor yang Memengaruhi Kinerja Pemasaran UMKM Kuliner di Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. ISSN, 10, 106–117.

Cecelia Helenia Sasuwuk. (2021). Implementasi Kebijakan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Sea Kabupaten Minahasa. JAP, VII, 78–89.

Cut Medika Zellatifanny, B. M. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, 1, 83–90.

Hanarti, I., Rahmadhani, M. V., Wibowo, E. W., & Minggu, M. (2021). Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Pesan Aantar Makanan di Jakarta. Jurnal Lentera Bisnis, 10(3), 312. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i3.505

Hindayati Mustafidah. (2021). Aplikasi Berbasis Web untuk Analisis Data Menggunakan Korelasi Bivariat Pearson. Sainteks, 18, 39–50.

Lina Listia1, K. C. S. U. (2022). Strategi Optimalisasi Ekonomi Digital di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Pasardesa.id di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Jurnal Ilmu Administrasi, 11, 30–46.

Linda Nur Susila. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kantor Kelurahan Terhadap Kepuasan Masysarakat Kelurahan Jagalan Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Journal of Rural and Development, 1, 63–72.

Raditya, R., Yulianto, A. E., & Kholid Mawardi, M. (2017). Pengaruh Sikap, Faktor Pribadi,dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Konsumen Kartu Perdana SimPATI di GraPARI Malang). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 42, Issue 1).

Wandra, Cikusin, Y., & Hayat. (2021). Wabah corona virus (covid-19) (studi pada Desa Pandansaru Lor Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1627–1634.




DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v26i1.4061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172