STRATEGI PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA PETANI MUDA WONOSOBO DALAM PEMASARAN HASIL PERTANIAN

Nur Saudah Al Arifa Dewi

Abstract


Most of the residents of Wonosobo Regency are people in rural areas who earn their income as farmers. During the pandemic, one of the most significant obstacles faced by young farmers is how to market their agricultural products. This research is intended to identify as well as analyze the strategies needed to increase the human resource capacity of the young farmers in Wonosobo Regency in marketing their agricultural products. This research is a qualitative study using descriptive analysis methods. The data were collected through surveys, interviews, and literature studies. The results showed that those farmers have not made the best use of information and communication technology for marketing purposes. The use of information and communication technology has not been properly utilized for agricultural business development due to the marketing dependency on middlemen, the factor of ignorance, and the lack of ICT skills. Some strategies are needed including assistance, utilization of information technology for marketing, and opening access to training and mentoring programs.

 Keywords: strategy; human resource; young farmer’s;marketing; agriculture

 INTISARI

Penduduk Kabupaten Wonosobo sebagian besar merupakan masyarakat wilayah perdesaan yang berpenghasilan sebagai petani. Pada masa pandemi, salah satu kendala yang sangat dirasakan oleh petani muda adalah terkait dengan pemasaran hasil pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang dibutuhkan untuk peningkatan kapasitas SDM petani muda di Kabupaten Wonosobo dalam pemasaran hasil pertanian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan motode analisi deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akses dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh petani muda di Kabupaten Wonosobo sebagian besar belum dimanfaatkan  untuk keperluan pemasaran hasil pertanian. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi belum dimanfaatkan secara baik untuk pengembangan usaha pertanian dikarenakan dalam pemasaran masih bergantung pada tengkulak, faktor ketidaktahuan serta minimnya keterampilan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Beberapa strategi yang dibutuhkan diantaranya adalah melalui pendampingan, pemanfaatan teknologi informasi untuk pemasaran serta membuka akses pelatihan dan pendampingan.

 Kata kunci: strategi; sumberdaya manusia; petani muda; pemasaran; pertanian


Full Text:

PDF

References


Al Arifa, N. S. 2017. Harmonisasi Kepemimpinan Kepala Daerah Di Kabupaten Wonosobo Dalam Menjalankan Kebijakan Pembangunan Pertanian Berkelanjutan. Agriekonomika, 6 (2), 231. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v6i2.3035

Andriaty, E., & Setyorini, E. 2013. Ketersediaan Sumber Informasi Teknologi Pertanian Di Beberapa Kabupaten Di Jawa. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 21(1), 30–35. https://doi.org/10.21082/jpp.v21n1.2012.p

Arvianti, E. Y., & Abin, S. 2018. Karakteristik Petani Muda Agribisnis dan Faktor-faktor yang Mepengaruhi Alih Fungsi Lahan di Malang. Agriekonomika, 7(1), 10. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v7i1.1068

BPS. 2019. Booklet Survey Angkatan Kerja Nasional. Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/download

Charina, A., Andriyani, R., Sukayat, Y., & Mukti, G. W. (2018). Analisa Ketersediaan Informasi dan Dukungan Kelembagaan Pada Agribisnis Sayuran Organik. Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan Universitas Padjajaran, 6(2), 85–92.

Hidayati, D. R. 2016. Agriekonomika , ISSN 2301-9948 Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Skala Mikro ( Micro Enterprise) KUB Bajrah Gunah Klampis Bangkalan Pada Produk Terasi, Petis dan Kerupuk Ikan, ISSN 2301-9948. Agriekonomika, 5, 104–112.

Ikmah, & Widawati, A. S. 2018. Penerapan Ecommerce Untuk Pemasaran Pada Usaha Handycraft. Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, November (November), 169–174.

ILO. 2020. Risalah Sektoral ILO: COVID-19 dan dampaknya terhadap pertanian dan ketahanan pangan. International Labour Organization, (17 April 2020), 1–8.

Khasanah, F. N., Rofiah, S., & Setiyadi, D. 2019. Metode User Centered Design Dalam Merancang Tampilan Antarmuka Ecommerce Penjualan Pupuk Berbasis Website Menggunakan Aplikasi Balsamiq Mockups. JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 3(2), 14.https://doi.org/10.33366/jast.v3i2.1443

Narto, & HM, G. B. 2020. Penguatan Strategi Pemasaran Pudak Di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keunggulan. Jurnal Intech Teknik Industri, 6(1), 48–54.

Ningsih, K., Felani, H., & Sakdiyah, H. 2015. Keragaan usahatani dan pemasaran buah naga organik. Agriekonomika, 4(2), 168–184.

Njeru, L., Gichimu, B., Lopokoiyit, M., & Mwangi, J. (2015). Influence of Kenyan Youth’s Perception towards Agriculture and Necessary Interventions; a Review. Asian Journal of Agricultural Extension, Economics & Sociology, 5(1), 40–45. https://doi.org/10.9734/ajaees/2015/15178

Piran, R. D., Pudjiastuti, A. Q., & Dyanasari, D. (2019). Dinamika Generasi Muda Pertanian dalam Pemilihan Usahatani Tanaman Pangan. Agriekonomika, 7(2), 149. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v7i2.4133

Pujihartono. 2014. Strategi pemasaran oleh petani sayuran di kecamatan batur kabupaten banjarnegara. Proceeding Pengembangan Sumber Daya Menuju Pembangunan Pertanian Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan, 272–280.

Purwanto. 2015. Pengurangan Kemiskinan, Penguatan Ketahanan Pangan, dan Model Implementatif. Ed. Purwanto. Model Pengurangan Kemiskinan Melalui Penguatan Ketahanan Pangan. Jakarta: LIPI Press

Ramadhan, B. 2020. Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020. Teknoia.

https://teknoia.com/data-internet-di-indonesia-dan-perilakunya-880c7bc7cd19

Rizal, J Gustav & Hardiyanto, Sari. 2020. Petani Merugi Saat Sektor Pertanian Tumbuh di Tengah Pandemi Corona, Apa Masalahnya?. Diakses 19 Oktober 2023 di

https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/12/160500965/petani-merugi-saat-sektor-pertanian-tumbuh-di-tengah-pandemi-corona-apa

Tamba, Mariati. 2007. Kebutuhan Informasi dan Aksesnya Bagi Petani Sayuran : Pengembangan Model Penyediaan Informasi Pertanian dalam Pemberdayaan Petani, Kasus di Provinsi Jawa Barat. Thesis. Institut Pertanian Bogor.

Wuryaningrat, N. F. 2017. Pemasaran Produk Pertanian : Masalah Dan Solusinya. Tasharruf: Journal Economics and Business of Islam, 1(2), 69–87. https://doi.org/10.30984/tjebi.v1i2.383

Yusuf, Arief Anshory. 2020. Strategi Ekonomi Pertanian di tengah Pandemi Covid 19. Diakses pada 19 Oktober 2020 http://sdgcenter.unpad.ac.id/strategi-ekonomi-sektor-pertanian-di tengah-pandemi-covid-19/




DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v26i1.4158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172