ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAKPIA (Studi Kasus Bakpia Istana Al Mumtaz Yogyakarta)

Melinda Melinda, Marosimy Millaty

Abstract


Industri makanan merupakan salah satu industri yang terus berkembang di berbagai penjuru, termasuk Indonesia. Salah satu daerah di Indonesia dengan pertumbuhan industri pengolahan makanan yang cukup pesat adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyak makanan yang istimewa, salah satu yang dimiliki Daerah Istimewa Yogyakarta adalah bakpia. Terdapat salah satu tempat yang memproduksi bakpia yaitu terletak di Desa Beji Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta tepatnya di Pondok Pesantren Al Mumtaz yang diberi nama dengan Bakpia Istana. Penelitian ini dilakukan di Badan Usaha Milik Pesantren Al Mumtaz khususnya pada unit usaha bakpia yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen dan mengetahui preferensi konsumen. Peneliti melakukan penelitiannya pada bulan April hingga September 2022. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan data multiatribut fishbein. Hasil penelitian dari analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Bakpia Istana di Pondok Pesantren Al Mumtaz menunjukkan bahwa produk Bakpia Istana terinterpretasi baik untuk dikonsumsi oleh para konsumen, hal ini ditunjukkan oleh jumlah evaluasi (ei) dan kepercayaan (bi) adalah 49,49. Jika jumlah berada pada kisaran 20-60 maka produk terinterpretasi baik. InterpretasiB(baik) merupakan suatu tolak ukur bagi produsen untuk senantiasa mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas dan kuantitas produk bakpia untuk mencapai kepuasan konsumen yang maksimal.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.37159/j.%20p%20agros.v24i3.2206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 

p-ISSN 1411-0172, e-ISSN 2528-1488