PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEGO NJAMOER DI SURABAYA

Dwi Oktavia Nuraini, Sri Widayanti, Mubarokah Mubarokah

Abstract


In order to promote their products, CV Sego Njamoer use a technique known as the "marketing mix," which consists of seven interrelated components (7p). Consumers make purchases after considering available options for gratifying their wants and requirements. The primary purpose of this research is to 1) analyze how CV. Sego Njamoer uses the marketing mix. 2)to analyze how the marketing mix affects consumer choice at Sego Njamoer Surabaya. 3) to explain the implications of research results. On this study, 50 individuals were randomly selected from the population. The Partial Least Square analysis technique in the form of the WrapPLS 8.0 program is used to analyze a Structural Equition Model (SEM). The result of this studi there is two criteria, including product, price, place, promotion, and process factors, were shown to significantly affect consumers' purchase decision in this research. In contrast, customer preferences decision are unaffected by employee and physical evidence. There is a simultaneous and partial impact of the marketing mix on consumer purchase choices of 67.1%, with the remainder affected by factors not included in this study.

INTISARI

Untuk mempromosikan produk mereka, CV. Sego Njamoer menggunakan teknik yang dikenal sebagai "bauran pemasaran", yang terdiri dari tujuh komponen yang saling terkait (7p). Konsumen melakukan pembelian setelah mempertimbangkan pilihan yang tersedia untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis bagaimana CV. Sego Njamoer menggunakan bauran pemasaran. 2) mengkaji bagaimana bauran pemasaran mempengaruhi keputusan konsumen di Sego Njamoer Surabaya. 3) untuk menjelaskan implikasi hasil penelitan. Dalam penelitian ini, 50 individu dipilih secara acak dari populasi. Teknik analisis Partial Least Square berupa program WrapPLS 8.0 digunakan untuk menganalisis Structural Equition Model (SEM). Hasil penelitian menunjukan dua kriteria, yaitu faktor produk, harga, tempat, promosi, dan proses, terbukti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian dalam penelitian ini. Sebaliknya, keputusan pembelian tidak terpengaruh oleh karyawan dan bukti fisik. Terdapat pengaruh simultan dan parsial bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 67,1%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak termasuk dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Algyansyah M.M, Devilia Sari. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Konsumen Siete Cafe & Garden Bandung). e-Proceeding of Management: Vol.2, No.2 Agustus 2015

Andriyanto, L., Syamsiar, S., & Widowati, I. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7-P) Terhadap Keputusan Pembelian Di Thiwul Ayu Mbok Sum. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 20(1), 26.

Basith, A., & Fadhilah, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk McDonald’s di Jatiasih Bekasi. Jurnal Manajemen dan Organisasi. Bekasi.

David, Fred. R. dan David, Forest. R. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, concepts and Cases/David Fred R. Pearson

Ekawati, R. E. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Mendominasi Domestic Kepantai Parangtritis. Jurnal Ekobis Dewantara. Vol 1. No 8. Pp 77-88

Erlina, E., & Hermawan, D. (2021). Marketing Mix on Customer Loyalty at Coffee Shop in Bandung. Aptisi Transactions on Management (ATM), 5(1), 89–96.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Semarang: Seri Pustaka Kunci 12.

Ghozali I dan Latan. (2015). Partial Least Square Konsep Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gunawan, Antoni., & Tina M. (2021). Analysis of Marketing Mix and Purchasing Decisions (a Study of Kene Kopi Products). in International Conference on Entrepreneurship (ICOEN), KnE Social Sciences, pages 510–518. DOI 10.18502/kss.v5i5.8838

Husein Umar. (2019). Metode Riset Manajemen Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ivah, R.L. Sri Widiyanti. Dkk. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Minat Beli Konsumen di Okui Kopi 3.0 Surabaya. AGRI-TEK: Jurnal Ilmu Pertanian, Kehutanan dan Agroteknologi. Vol. 22 No, 1 Maret 2021

Kotler, Philip., & Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th ed. New York: Pearson Education, Inc.

Mabrur. M Arkam. (2020). Pengaruh Lokasi dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian di Warkop Suka Kopi Lesehan. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis Volume 5, Nomor 1, April 2020

Naimah, Siti, dkk. (2018). Analisis Bauran Pemasaran 7P Terhadap Keputusan Pembelian di C’Bezt Fried Chicken Besuk-Wirowongso, Ajung, Jember. Jurnal Ekonomi Manajemen

Nanda, Luh Gede P.T, dkk. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Hijau di Ubud Organic Market, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Jurnal Agribisnis dan Agrowisata Vol. 9, No. 2, Juli 2020

Ngainul, Umi Maqnunah. (2020). Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Ferdi Putra Grosir (Jl. Raden Patah Dsn. Jambean Ds. Cekok Kec. Babadan Kab. Ponorogo). Ponorogo.

Pranadita, Putu. A dan Ni Wayan E. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Tour Package PT Smiling Tour di Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 8.11 (2019): 1249-1274

Prihatiningtyas, Gita dan Uswatun C. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Blanco Coffee Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen Vol. 9, No. 2 Juli 2022

Sholihin, M. dan Ratmono, D. (2013). Analisis SEM-PLS dengan Warp PLS 3.0 Untuk Hubungan Non Linier Dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Kedua puluh enam. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta

Sundoro, Sri. Siti Saroh. Dkk. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Legendaris (Studi pada Konsumen Kedai Es Krim Zangrandi Era COVID-19 di Kota Surabaya, Jawa Timur). JIAGABI Vol. 11. No. 1, Januari 2022

Widayanti, Sri. Ashbaha M. dkk. (2020). The Impact of Green Marketing Mix on Consumer Purchasing Decisions at O-Jamur Restaurant Grand City Surabaya. Vol. 1 No. 1 (2020): PROCEEDINGS THE 2nd INTERNATIONAL CONFERENCE OF AGRICULTURE (ICA-2)

Wowor, S., Massie, J., & Raintung, M. C. (2021). Seruput Coffee Company Tomohon di Masa Pandemi the Influence of Marketing Mix Factors on Purchasing Decisions at Seruput Tomohon Coffee Company in Times of Pandemic Oleh: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado 1472. 9(3), 1472–1481.




DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v25i2.2782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172