ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI WEIPA AL MUMTAZ
Abstract
Tourism in the Special Region of Yogyakarta (DIY) has also been affected by Covid-19 which recently hit Indonesia, marked by a decrease in the number of tourists at various tourist locations. One of the tourist sites in the Special Region of Yogyakarta that also felt the same impact was WEIPA (Al Mumtaz Preneurship Inspiration Educational Tour) located at Al Mumtaz Islamic Boarding School, Gunungkidul. For this reason, this study aims to determine the characteristics of tourists visiting WEIPA and find out what factors are considered by tourists in their decision to visit WEIPA. This study uses a questionnaire with a total sample of 97 respondents. Data collection was done by combining qualitative and quantitative approaches. The type of data used is primary and secondary data with random sampling data collection techniques. Based on the results of the study, it is known that the majority of WEIPA visitors are women (71.13%) with a vulnerable age of 21-30 years (38.14%). Respondents who were interviewed had visited 1 to 3 times (45.36%). The independent variables that are considered by tourists were an attractive exterior, friendly service, various tourist attractions, easy-to-reach locations, various culinary delights, and a large parking area. Furthermore, these six variables were tested using the SPSS application to find out what factors were considered by tourists in their decision to visit WEIPA. Of the six variables, only attractive exterior variables and various tourist attraction variables are considered by tourists in their decision to visit WEIPA.
Keywords: tourism, education, attraction
INTISARI
Pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ikut terdampak Covid-19 yang beberapa waktu lalu sempat melanda Indonesia, ditandai dengan penurunan jumlah wisatawan di berbagai lokasi wisata. Salah satu lokasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta yang ikut merasakan dampak serupa adalah WEIPA (Wisata Edukasi Inspirasi Preneurship Al Mumtaz) yang berlokasi di Pondok Pesantren Al Mumtaz Gunungkidul. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik wisatawan yang berkunjung ke WEIPA dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan wisatawan dalam keputusannya berkunjung ke WEIPA. Penelitian ini menggunakan alat bantu kuisioner dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 97 responden. Pengambilan data dilakukan dengan pendekatan menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui jika mayoritas pengunjung WEIPA adalah perempuan (71,13%) dengan rentan usia 21-30 tahun (38,14%). Rata-rata responden yang diwawancarai telah melakukan kunjungan sebanyak 1 hingga 3 kali (45.36%). Variabel independen yang menjadi pertimbangan wisatawan dirumuskan dari penelitian pendahuluan dengan menanyakan kepada wisatawan menggunakan pertanyaan terbuka. Setelah itu dirumuskan 6 variabel yang menjadi pertimbangan wisatawan WEIPA antara lain eksterior yang menarik, pelayanan yang ramah, objek wisata beragam, lokasi mudah dijangkau, kuliner beragam, serta tempat parkir luas. Selanjutnya enam variabel ini diuji menggunakan aplikasi SPSS untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pertimbangan wisatawan dalam keputusannya mengunjungi WEIPA. Dari keenam variabel, hanya variabel eksterior menarik dan variabel objek wisata beragam yang menjadi pertimbangan wisatawan dalam keputusannya mengunjungi WEIPA.
Kata kunci: wisata, edukasi, daya tarik
Full Text:
PDFReferences
Adolfus De Chyrilus, Luh Komang Candra Dewi, L. K. B. M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi wisatawan berkunjung ke Obyek Wisata Tanah Lot Tabanan Bali. Jurnal Perhotelan Dan Pariwisata, 10(2), 143–159.
Amalia, T. (2017). Pengaruh Lingkungan Fisik Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan Di Museum Daerah Sang Nila Utama Kota Pekanbaru. Physics Education, 23(4), 1–10.
https://www.proquest.com/scholarly-journals/discerns-special-education-teachers-about-access/docview/2477168620/se-2?accountid=17260%0Ahttp://lenketjener.uit.no/?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&genre=article&sid=ProQ:ProQ:ed
Andina, S. A., & Aliyah, I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Dalam Mengunjungi Wisata Budaya Candi Borobudur. Jurnal Cakra Wisata, 22(3), 27–38.
Azizah, K. U., & Suprajang, S. E. (2020). … Physical Evidence dan Promosi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan: Studi Kasus pada Wisata Alam Sumberasri (Wisata Bukit Teletubbies) Kabupaten Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen …, 32–45. http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/461
Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunungkidul (2021). Statistik Daerah Kabupaten Gunungkidul 2021. Gunungkidul: Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunungkidul.
Darma, B. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). In Guepedia (p. 17).
Elvera. (2021). Pemasaran Pariwisata : Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. PT Scopindo Media Pustaka.
Eddyono, Fauziah. (2021). Pengelolaan Destinasi Pariwisata (p. 72). Uwais Inspirasi Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/PENGELOLAAN_DESTINASI_PARIWISATA/OTQhEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1
Firdaus. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS Statistics Version 26.0. Riau: DOTPLUS Publisher.
Hanafi Ahmad, A. (2022). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Objek Wisata, Dan Retribusi Pariwisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah. Jurnal Sosial Ekonomi Bisnis, 2(1), 50–61. https://doi.org/10.55587/jseb.v2i1.34
Kalebos, F. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daerah Wisata Kepulauan. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 489–502.
Lakuhati, J. R., Pangemanan, P. A., & Pakasi, C. B. D. (2018). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Ke Kawasan Ekowisata Di Desabahoi Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara. Agri-Sosioekonomi, 14(1), 215. https://doi.org/10.35791/agrsosek.14.1.2018.19268
Mangeswuri, D. R. (2021). Prospek Peningkatan Pariwisata Domestik di Tengah Pandemi COVID-19. Info Singkat, 13(7), 19–24.
Mukiroh, ., & Setiyorini, H. P. D. (2016). PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PENARIK KEPARIWISATAAN WISATAWAN ASAL MALAYSIA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE KOTA PEKANBARU (Survei Pada Wisatawan Asal Malaysia yang Berkunjung ke Kota Pekanbaru). THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 2(1), 269. https://doi.org/10.17509/thej.v2i1.1937
Novitaningtyas, I., Giovanni, A., & Lionora, C. A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat berkunjung wisatawan di kawasan balkondes borobudur. Jurnal Pariwisata, 9(1), 28–36.
Rizky Erlangga Kusuma, Moch. A. (2020). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Wisatawan di Objek Wisata Waduk Jatibarang, Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Geo Image (Spatial-Ecological-Regional), 9(2), 131–138.
Statistik, B. P. (2022). Statistik Daerah Kabupaten Gunungkidul 2021. In Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunungkidul.
Syahadat, E. (2005). The Factors Witch Are Influences To A Tourism Visitor In Gede Pangrango National Park (Gpnp). Jurnal Penelitian Sosial Dan Ekonomi Kehutanan, 3(1), 1–14.
Wiratini M, N. N. A., Setiawan, N. D., & Yuliarmi, N. N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Pada Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 1, 279. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i01.p10
DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v25i4.3461
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172














