PERILAKU KONSUMSI MINUMAN HERBAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERKORELASI DENGANNYA

Elly Rasmikayati, Rani Andriani Budi Kusumo, Bobby Rachmat Saefudin

Abstract


Efforts that can be made to avoid being exposed to viruses are by changing your lifestyle to be healthier, one way is to increase the body's immunity through consuming herbal drinks which can maintain the body's resistance to virus attacks. There are economic and non-economic factors related to the herbal drink consumption. The aim of this research is to analyze relationship between economic and non-economic factors and herbal drink consumption behavior among students during the Covid-19 pandemic. The research method used in this research was a survey method of 89 respondents obtained using a SRS technique. The data analysis tools used are crosstab analysis and chi square test. The research show that in terms of economic factors, the income factor has a significant relationship with the type of herbal drink, but with other consumption variables it is not correlated. Meanwhile, the price factor has a real relationship with the frequency of herbal drink consumption, but it is not correlated with other consumption variables. Meanwhile, for non-economic factors, the knowledge factor is not correlated with all herbal drink consumption variables. Meanwhile, the taste factor is significantly correlated with the frequency of consumption herbal drinks, but not correlated with other consumption factor

 Keywords: Herbal drinks, consumption level, Covid-19.

 INTISARI

Upaya yang dapat dilakukan agar tidak terkena virus adalah dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat, salah satu caranya adalah meningkatkan imunitas tubuh melalui konsumsi minuman herbal yang dapat menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus. Terdapat beberapa faktor yang berhubungan dalam tingkat konsumsi minuman herbal, diantaranya faktor ekonomi dan non ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara faktor-faktor ekonomi dan non ekonomi dengan perilaku konsumsi minuman herbal pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei terhadap 89 orang responden yang didapatkan dengan teknik simpel random sampling. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis crosstab dan chi square test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada faktor ekonomi, faktor pendapatan memiliki hubungan yang signifikan dengan jenis minuman herbal, tetapi dengan variabel tingkat konsumsi lainnya tidak berkorelasi. Sedangkan faktor harga memiliki hubungan yang nyata dengan frekuensi konsumsi minuman herbal, tetapi dengan variabel tingkat konsumsi lainnya tidak berkorelasi.Sementara itu pada faktor non ekonomi, faktor pengetahuan tidak berkorelasi dengan semua variabel tingkat konsumsi minuman herbal. Sedangkan faktor selera berkorelasi signifikan dengan frekuensi konsumsi minuman herbal, tetapi tidak berkorelasi dengan variabel faktor tingkat konsumsi yang lainnya.

 Kata kunci: Minuman herbal, tingkat konsumsi, Covid-19.


Full Text:

PDF

References


Athory, Y. A. (2020). Pengetahuan dan Praktik Konsumsi Herbal dan Rempah Pada Masyarakat Semarang. Umbara, 3(2), 85. https://doi.org/10.24198/umbara.v3i2.22390

Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Gelayee, D. A., Mekonnen, G. B., Atnafe, S. A., Birarra, M. K., & Asrie, A. B. (2017). Herbal Medicines : Personal Use , Knowledge , Attitude , Dispensing Practice , and the Barriers among Community Pharmacists in Gondar , Northwest Ethiopia. 2017.

Guan, W, Ni, Z, Hu, Y, Liang, W, Ou, C, He, J, Liu, L, Shan, H, Lei, C, Hui, D S. C, Du, B, Li, L, Zeng, G, Yuen, K-Y, Chen, R, Tang, C, Wang, T, Chen, P, Xiang, J, … Zhong, N (2020). Clinical Characteristics of Coronavirus Disease 2019 in China. New England Journal of Medicine, 382(18), 1708–1720. https://doi.org/10.1056/nejmoa2002032

Hasan, I. (2004). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara.

Herlambang, E. S. (2009). Kajian Perilaku Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran Teh Herbal di Kota Bogor.

Kementrian Kesehatan. (2020). No Title.

Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Sugihartono, T., & Yarmani, Y. (2020). Pola hidup sehat dengan olahraga dan asupan gizi untuk meningkatkan imun tubuh menghadapi covid-19. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 90–100.

Novia, C. (2017). Analisis Hubungan Tingkat Ekonomi Keluarga, Kualitas Pendidikan, Tingkat Kesehatan Dengan Tingkat Kesejahteraan Keluarga Pemulung Kota Depok.

Oktora, L., Kumala, R., Pengajar, S., Studi, P., & Universitas, F. (2006). Pemanfaatan Obat Tradisional dan Keamanannya. III(1), 1–7.

Puspita, A. N. I. (2019). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Terhadap Penggunaan Obat Tradisional Dikecamatan Mlati. Universitas Islam Indonesia, 1–72.

Rasmikayati, E., Rochdiani, D., & Saefudin, B. R. (2023). Aplikasi Statistik Deskriptif: Pola Konsumsi Mahasiswa Pada Buah dan Olahannya Saat Pandemi Covid-19. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9(2), 3465–3480.

Rasmikayati, E., Wiyono, S. N., & Saefudin, B. R. (2023). Studi Deskripsi Pola Konsumsi Makanan Fermentasi pada Masa Covid–19. Jurnal Pertanian Agros, 25(3), 2391–2399.

Santoso, S., & Tjiptono, F. (2001). Riset Pemasaran: Konsep Dalam Aplikasi SPSS. PT Elex Media Computindo.

Sheaffer, R. L., III, W. M., Ott, R. L., & Gerow, K. (2011). Elementary Survey Sampling (7th ed.). Cengage Learning.

Siregar, R. S., Salsabila, & Siregar, A. F. (2020). Analisis Hubungan Sikap dan Tingkat Pengetahuan terhadap Perilaku Masyarakat Kota Medan Mengonsumsi Jamu Tradisional di Masa Pandemi Covid – 19 Seminar Nasional Ke-V Fakultas Pertanian Universitas Samudra. Seminar Nasional Ke-V Fakultas Pertanian Universitas Samudra, 13–22.

Susanto, A. (2017). Komunikasi dalam Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Kecamatan Margadana. Parapemikir : Jurnal Ilmiah Farmasi, 6(1).

Wijaya, E. (2017). Perilaku Konsumen Terhadap Pemakaian Jamu Cap Nyonya Meneer di Kotamadya Bengkulu. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis , 5(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.37159/jpa.v26i1.3792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .

 E-ISSN 2528-1488; P-ISSN 1411-0172